Breaking News:

UBK Sosialisasikan PHBS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk Al-hasan Dan Sman 27 Bandung

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Hati Mengarungi Pandemi” #COVID-19 NO!, SEHAT YES!

Editor: bisnistribunjabar
Program KKN kelompok 42 UBK berupa Sosialisasi PHBS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk Al-hasan Dan Sman 27 Bandung 

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA SOSIALISASIKAN PHBS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK AL-HASAN DAN SMAN 27 BANDUNG

TRIBUNJABAR.ID,- Pandemi virus corona 2019 (Covid-19) telah membawa perubahan besar . Di sektor pendidikan, pola pembelajaran dengan tatap muka langsung di kelas, banyak yang terhenti karena adanya anjuran physical distancing sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Demikian juga dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata), yang semestinya memberikan ruang yang cukup bagi mahasiswa untuk berinteraksi secara langsung dan belajar bersama dengan masyarakat mengalami kendala terkait pelaksanaannya. Berdasarkan hal tersebut, Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana pada tahun 2021 ini dilakukan secara daring. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Hati Mengarungi Pandemi” #COVID-19 NO!, SEHAT YES!.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 42 mahasiswa Universitas Bhakti Kencana mengajak SMK Al-Hasan dan SMAN 27 Bandung sebagai mitra dari program kegiatan pengabdian masyarakat yang kami laksanakan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2021.

Program KKN kelompok 42 UBK berupa Sosialisasi  PHBS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk Al-hasan Dan Sman 27 Bandung
Program KKN kelompok 42 UBK berupa Sosialisasi PHBS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk Al-hasan Dan Sman 27 Bandung ()

Semua program KKN kelompok 42 yang telah dilakukan ini dibimbing oleh Ridwan Riadul Jinan, SKM., M.Si selaku ketua pembimbing, Kania Fajarwati, M.S.Farm dan Neneng Elviana, SKM selaku anggota pembimbing. Lalu mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat ini di ketuai oleh Nurfallah, Reza Sabilla F, Fajar Yais F, Alya Damayanti, Rizky Mubarok, Salma Zahra S, Vera Viana, Fitria Khoerun N, Desi Nuramaliah, Ika Santika, Arif Mujahitd R, Syalida Asa A, Sindy Nuraini, Intan Fadhila, Silpi Septiani, Sinta Parwati, Fitri Madaniah dan Defi Putri Gemi N selaku anggota.

Program KKN kelompok 42 UBK berupa Sosialisasi PHBS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk Al-hasan Dan Sman 27 Bandung
Program KKN kelompok 42 UBK berupa Sosialisasi PHBS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk Al-hasan Dan Sman 27 Bandung ()

Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) merupakan suatu perilaku dimana seseorang menerapkan perilaku kebersihan dalam kehidupan sehari-hari dengan memperhatikan tingkat kesehatannya. Kelompok 42 mahasiswa KKN UBK memiliki misi untuk menjadikan siswa/i SMK Al-Hasan dan SMAN 27 Bandung menyadari akan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat melalui beberapa program kerja yang terkait dengan PHBS. Hal ini dilakukan agar siswa/i tidak hanya mengetahui cara melakukannya saja tetapi siswa/i juga mengetahui manfaat dengan menerapkannya di kehidupan sehari-hari serta mengetahui bahayanya jika tidak menerapkannya.

Beberapa program kegiatan terkait PHBS yang sudah terlaksana yaitu sosialisasi PHBS yang telah dilakukan melalui Webinar Zoom Meeting pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 yang dihadiri oleh mitra kelompok kami dan masyarakat umum, dengan pemateri yang sangat luar biasa yaitu Ejeb Ruhyat, S.KM, M.KM Sekjen IAKMI Pengda Jawa Barat. Video lengkap acara webinar kami beserta video membuat hand sanitizer dan video PHBS tersedia di Channel YouTube kelompok 42 yaitu KKN Tematik BKU Kelompok 42. Program kegiatan ini bertujuan untuk memberi kesadaran kepada siswa/i akan pentingnya menerapkan PHBS agar siswa/i dapat mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan.

KKN kelompok 42 UBK
KKN kelompok 42 UBK ()

Selain program kegiatan webinar, program selanjutnya yang dilakukan oleh kelompok 42 mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana yaitu membuat media edukasi pembuatan disinfektan dan handsanitizer berupa poster dan video yang di unggah ke media social seperti Instagram, YouTube, dan Whatsapp Group. Hasil dari program kerja ini adalah siswa/i dan masyarakat umum lebih aware dengan covid-19 dan mempermudah mereka membuat disinfektan dan handsanitizer di rumah secara mudah dengan bahan-bahan yang alami dan terjangkau.

Untuk kegiatan selanjutnya yaitu program tindak lanjut KKN kepada mitra yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2021 di SMK Al-Hasan dan pada tanggal 23 Agustus 2021 di SMAN 27 Bandung yang di wakilkan oleh rekan kami yaitu Nurfalah, Rizky, Vera, dan Salma. Program tindak lanjut ini berupa pembuatan tempat cuci tangan beserta sabun dan poster mencuci tangan dengan benar. Tindak lanjut dari kegiatan ini diharapkan siswa/i selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mampu memahami, mempraktekan serta mengamalkan cara mencuci tangan dengan benar. Hasil yang dicapai dari kegiatan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 42 mahasiswa Universitas Bhakti Kencana ini adalah diharapkan mampu menyadarkan siswa/i dan masyarakat umum akan pentingnya menerapkan PHBS baik untuk lingkungan, keluarga maupun dirinya sendiri sebagaimana yang telah mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana sosialisasikan.

ubk1508h

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved