Breaking News:

Drama Tagihan Listrik Bulanan, Lupa Bayar dan Menyesal Kemudian

Bagi pelanggan pasca bayar seperti kita, tagihan listrik sebenarnya sudah bisa dibayarkan mulai tanggal 2 atau 3 setiap bulannya, dengan jatuh tempo

Editor: bisnistribunjabar

TRIBUNJABAR.ID,- LISTRIK sudah menjadi kebutuhan pokok kita, terutama saat pandemic ini dimana sebagian besar kegiatan dilakukan dirumah. Dengan adanya pemakaian listrik, tentu ada yang namanya tagihan bulanan.

Walaupun setiap bulan ada tagihan listrik, namun terkadang masih saja ada drama terkait pembayaran yang dapat berakibat kerugian. Hal tersebut tentu tentu tidak nyaman kan?

Bagi pelanggan pasca bayar seperti kita, tagihan listrik sebenarnya sudah bisa dibayarkan mulai tanggal 2 atau 3 setiap bulannya, dengan jatuh tempo terakhir tanggal 20. Batas waktu 20 hari merupakan bentuk kelonggaran yang sudah diberikan PLN kepada pelanggannya. Bila diilustrasikan, saat seorang pelanggan baru memasang listrik pada awal Juli hingga akhir Juli, maka selama bulan Juli tidak ada penagihan. Namun, penagihan akan dilakukan dari awal bulan berikutnya dalam hal ini tanggal 1 hingga 20 Agustus mendatang.

Akibat membayar listrik lewat tanggal 20
Drama pembayaran tagihan listrik kadang terjadi ketika pembayaran ditunda dengan berbagai alasan sehingga lupa dan sampai melewati batas waktu yang berakibat harus menanggung konsekuensinya. Sementara itu, berdasarkan dalam Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang telah kita setujui disebutkan bahwa jika melewati batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, maka PLN berhak untuk melakukan pemutusan listrik sementara.

Adapun, jika 60 hari sejak dilakukan pemutusan sementara pelanggan belum melunasi tagihannya, maka PLN berhak melakukan pembongkaran rampung semua instalasi sambungan listrik milik PLN. Instalasi yang dibongkar antara lain alat pembayar dan pemutus/APP/kWh Meter dan Saluran Masuk Pelayanan/kabel listrik mulai dari tiang sampai kWh Meter.

Selanjutnya, apabila penyambungan listrik ingin dilakukan kembali, maka pelanggan harus mengajukan pasang baru dan membayar semua biaya yang menyertainya. Selain itu, pelanggan juga diwajibkan membayar biaya pelunasan tagihan sebelumnya yang ditambah dengan denda tunggakan tagihan listrik.

Tips bebas drama telat bayar tagihan listrik

Untuk mengecek dan membayar tagihan listrik, kita dapat menggunakan PLN Mobile yang pemakaiannya mudah dan bisa kapan saja serta dimana saja. Berikut tips agar kita terhindar telat bayar tagihan listrik dengan memanfaatkan PLN Mobile:

  • Download PLN Mobile lalu registrasi nomor ID Pelanggan
  • Hidupkan notifikasi waktu pembayaran listrik setiap bulannya di PLN Mobile dan reminder di smartphone atau kalender email
  • Segera bayar tagihan listrik saat muncul notifikasi
  • Pembayaran dapat dilakukan di PLN Mobile dengan cara pilih menu informasi, lalu pilih menu informasi tagihan, masukkan ID Pelanggan, pilih metode pembayaran, lalu tekan bayar.

Bayar tagihan listrik merupakan kewajiban kita setiap bulan. Oleh karena itu, agar tidak terjadi drama tagihan listrik, yuk download PLN Mobile dan bayar listrik di awal bulan!

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved