Breaking News:

Peran Serta Siswa/Siswi Sma 1 Rancaekek Dalam Upaya Preventif Covid-19 Melalui Vaksinasi

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia angkanya masih tinggi termasuk jumlah kasus di Kabupaten Bandung. Menurut data Pikobar Agustus 2021, tingka

Editor: bisnistribunjabar
Dok. UBK
Kegiatan Webinar Vaksinasi Covid 19 Bersama SMAN 1 Rancaekek 

TRIBUNJABAR.ID, Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia angkanya masih tinggi termasuk jumlah kasus di Kabupaten Bandung. Menurut data Pikobar Agustus 2021, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed occupancy rate (BOR) rumah sakit khusus Covid-19 di Jawa Barat telah mencapai 52,53%. Kabupaten Bandung menempati urutan ke-18 di Jawa Barat dengan total kasus 5.016 yang tersebar di 32 kecamatan.Kecamatan Rancaekek menempati urutan ke-4 dari total 32 kecamatan dengan total kasus 338.Pada awalnya kasus infeksi COVID-19 banyak ditemukan pada rentang usia 37–78 tahun.Perkembangan kasus infeksi COVID-19 saat ini tidak hanya pada rentang usia dewasa namun terjadi pada rentang usia remaja yaitu 12-17 tahun. Pemerintah menetapakan cara untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 salah satunya dengan Vaksinasi, diilakukannya vaksinasi menjadi jalan paling rasional untuk memutus rantai penyebaran. Sasaran program vaksinasi pemerintah saat ini sejalan perkembangan kasus COVID-19 Pemprov Jabar menargetkan 4.867.047 remaja mendapat vaksinasi hingga akhir tahun ini. SMAN 1 Rancaekek berada di wilayah Desa Rancaekek Wetan merupakan salah satu wilayah zona merah COVID-19. SMAN 1 Rancaekek memiliki jumlah siswa terbanyak dari SMA-SMA yang ada di wilayah Rancaekek. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak sekolah dan perwakilan 10 siswa yang diwawancara secara acak, diperoleh gambaran bahwa belum ada penyuluhan khusus mengenai program vaksinasi COVID-19 kepada siswa/siswi di sekolah, kurangnya pemahaman tentang vaksinasi COVID-19 pada remaja, dan banyaknya informasi yang simpang siur yang beredar di masyarakat mengenai dampak dari vaksinasi.

Pemaparan Materi Vaksinasi COVID-19
Pemaparan Materi Vaksinasi COVID-19 (Dok. UBK)
Pemaparan Materi Vaksinasi COVID-19
Pemaparan Materi Vaksinasi COVID-19 (Dok. UBK)

Civitas akademika UBK ingin ikut mensukseskan program yang di canangkan oleh pemerintah khususnya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di masyarakat dan remaja melalui kegiatan KKN, karena itu pelaksanaan kegiatan KKN Tematik UBK pada kesempatan ini kami fokuskan pada pemberian informasi mengenai Vaksinasi COVID-19 kepada siswa di SMAN 1 Rancaekek. Untuk menangani hal tersebut, Universitas Bhakti Kencana melakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “ Bersama Lewati Gelombang Kedua: Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi” dengan tagline COVID -19 N0! SEHAT YES! SMAN 1 RANCAEKEK merupakan target mitra pelaksanaan KKN TEMATIK UBK 2021 KELOMPOK 10 tujuan Siswa/siswi SMAN dapat berperan aktif mengupayakan penurunan dan pencegahan dalam memutus mata rantai penularan COVID – 19 yang terjadi saat ini. Setelah kami melakukan penyebaran kuesioner ke SMAN 1 RANCAEKEK ternyata hasil dari kuesioner didapatkan siswa – siswi masih mempunyai masalah yang serupa yaitu kurangnya pemahaman dan membingungkan terkait vaksinasi Covid -19, oleh sebab itu untuk menangani permasalahan yang terjadi, maka dilakukannya webinar pengabdian untuk masyarakat dengan judul “ Peran Serta Siswa – siswi Sman 1 Rancaekek Dalam Upaya Preventif Covid – 19 Dengan Vaksinasi ” yang diselenggarakan pada hari Rabu, 11 Agustus 2021 pada pukul 09:00 WIB – 12:00 WIB melalui aplikasi zoom. Kegiatan ini terdiri dari tim mahasiswa dan tim dosen Universitas Bhakti Kencana yanag diketuai oleh Apt. Dra. Ni Nyoman Sri Mas Hartini, MAB., Ibu Irisanna Tambunan, S.Kep., Ners., M.KM, Ibu Antri Ariani.,SST.,M.Kes, dan Ibu Diah Adni Fauziah, SKM., M.Epid. Untuk tim mahasiswa yang diketuai oleh M.Yusup dan wakil ketua Asep Zamzam Rahayu dengan anggota Siska Rahmawati, Vini Agustin, Alya Zahra A., Hyzara Apriliana, Yuliana Nurannisa, Andri Maulana, Deuis Nurjanah, Rosifa Meilani P., Nurul Aulia Ashri, Astri Rahmasantya, Efi Nur Septiani, Badru Fajar A., Nur Rohma Dayani, Rifki Maulana, Ayu Hoerunnisa, Sarah Dinda D., Fani Fatmala, dan Nurul Apriliani. Setelah dilakukan kegiatan webinar “Lawan COVID-19 dengan Vaksinasi Pada Remaja” diharapkan pengetahuan tentang vaksinasi COVID-19 meningkat dan antusias siswa/siswi SMAN 1 Rancaekek dalam mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 sebagai bentuk upaya pencegahan COVID-19.

Pemberian Plakat kepada SMAN 1 Rancaekek
Pemberian Plakat kepada SMAN 1 Rancaekek (Dok. UBK)
Kunjungan Mitra
Kunjungan Mitra (Dok. UBK)
Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana (Dok.UBK)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved