Breaking News:

Pejuang Afghanistan Anti Taliban Dikabarkan Rebut Kembali Daerah yang Sempat Dikuasai Taliban

Kelompok Taliban dikabarkan mendapatkan perlawanan dari para pejuang mujahidin Afghanistan dan merebut sejumlah daerah yang sempat dikuasai Taliban.

Editor: Mega Nugraha
AFP PHOTO/AHMAD SAHEL ARMAN
Kelompol bersenjata Afghanistan yang mendukung pasukan keamanan Afghanistan melawan Taliban berdiri dengan senjata dan kendaraan Humvee mereka di daerah Parakh di Bazarak, provinsi Panjshir pada 19 Agustus 2021. 

TRIBUNJABAR.ID,BAGHLAN- Kelompok Taliban dikabarkan mendapatkan perlawanan dari para pejuang mujahidin Afghanistan dan merebut sejumlah daerah yang sempat dikuasai Taliban.

Laporan pada Jumat (20/8/2021), penduduk di tiga daerah di Provinsi Baghlan itu melakukan perlawanan terhadap Taliban yang sebelumnya sudah menguasai daerah itu.

Dalam pertempuran perebutan wilayah itu, 60-an militan Taliban tewas hingga terluka.

Sejak awal Agustus, Taliban bergerilya menguasai semua daerah di Afghanistan. Namun ternyata mereka kali ini mendapat perlawanan dari warga lokal anti Taliban.

Laporan tersebut seperti disampaikan sebuah akun Twitter di Provinsi Panjhsir yang merupakan salah satu markas perlawanan Taliban. Akun itu melaporkan bahwa provinsi tetangga mereka, Baghlan, bisa merebut daerah itu dari Taliban.

"Distrik Pul-e-Hesar diambil kembali dari #Taliban dan pertempuran berkecamuk di distrik Deh-e-Salah dan Banu," akun tersebut diunggah pada 8.40 pagi waktu setempat. Sumber-sumber lokal mengatakan Taliban telah diserang dari beberapa daerah dan menderita banyak korban," kata mereka.

Baca juga: Daya Tarik Afghanistan yang Kini Jatuh ke Tangan Taliban, Punya Nilai Fantastis

Informasi itu belakangan diverifikasi lagi oleh saluran berita TV India Republic World yang menyebut bahwa Distrik Banu dan Deh-E sudah diambil dari Taliban.

Kemudian koresponden untuk Iran International, berbasis di London, Tajuden Soroush dalam akun Twitternya juga membahas soal perebutan kembali daerah dari Taliban.

"Seorang mantan pejabat pemerintah Afghanistan memberitahu saya bahwa pasukan perlawanan lokal di provinsi Baghlan telah merebut kembali distrik Banu dan Pol-e-Hesar dari Taliban. Mereka maju menuju distrik Deh Salah. Sekitar 60 pejuang Taliban tewas atau terluka," Soroush kicaannya pada Jumat (20/8/2021) pukul 08.53 waktu setempat .

Dia kemudian menambahkan: "Distrik De Salah juga jatuh ke tangan pasukan perlawanan lokal."

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved