Breaking News:

Manajemen Strees Ditengah Rehabilitasi Pasca Covid-19

Universitas Bhakti Kencana mengadakan KKN Tematik dengan tema “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi. Covid-

Editor: bisnistribunjabar
Dok. UBK
Poster Kegiatan 

TRIBUNJABAR.ID, Universitas Bhakti Kencana mengadakan KKN Tematik dengan tema “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi. Covid-19, No! Sehat, Yes!,” dengan ini kelompok KKN Tematik 25 mengadakan Webinar dengan judul “Manajemen Strees Ditengah Rehabilitasi Pasca Covid-19” yang diselenggarakan pada hari Minggu, 15 Agustus 2021 dan bekerja sama dengan SMK Bumi Siliwangi sebagai mitra.

Tangkapan Layar Divisi Medpub. Sambutan Ketua Pelaksana, Ketua Tim Dosen, Dan Wakil Kepala Sekolah  Bidang Kesiswaan SMK Bumi Siliwangi
Tangkapan Layar Divisi Medpub. Sambutan Ketua Pelaksana, Ketua Tim Dosen, Dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Bumi Siliwangi (Dok. UBK)

Webinar ini dibuka dengan beberapa sambutan diantaranya Ketua KKN kelompok 25 Tri muhammad rafli yang mengatakan “Bahwa kegiatan KKN ini bukan hanya sekedar berbagi pengetahuan tapi juga sebagai kerjasama dan mempererat silaturahmi antara Universitas Bhakti Kencana dan juga SMK Bumi Siliwangi”. Ketua Tim Dosen Pembimbing KKN Universitas Bhakti Kencana Kelompok 25 Ivan Andriansyah, S.Si., M.Pd mengatakan “Orang-orang yang telah terinveksi virus ini, ada yang dapat sembuh dan banyak juga yang tidak bertahan, pemberitaan di media, sosial media sangat lah masif,, sehingga dapat memberikan trauma tertentu terhadap orang yang memiliki ketakutan yang berlebih. Dengan adanya pemberitaan yang masif dan pengalaman trauma yang dialami penyitas covid19 atau orang yang telah sembuh dari covid, hal ini dapat mengakibatkan trauma psikologis pada orang tersebut. Tolong hati-hati, stress merupakan pintu masuk untuk penyakit,, jadi kendalikan pikiran banyak bersyukur insyaAllah akan sehat waalfiat”.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Asri Dewiyani, S.Si., Apt. menyambut baik pelaksanaan kegiatan PPM KKN Tematik yang dilakukan oleh kelompok 25 KKN Universitas Bhakti Kencana. seperti yang kita ketahui pandemi ini bukan hanya terjadi sebulan 2 bulan, tapi hampir 2 tahun kita diselimuti dengan kondisi seperti ini, dimana mental kita yang terserang harus untuk kita manajemen dan kita membutuhkan suatu penata laksanaan sehingga butuh ilmu-ilmu secara psikologi untuk memanajemen.

Tangkapan Layar Divisi Medpub
Tangkapan Layar Divisi Medpub (Dok. UBK)

Webinar dengan topik “Manajemen Stress Ditengah Rehabilitasi Pasca Covid-19 yang mengundang narasumber dari dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Bhakti Kencana Ermilda, S.Psi., M.Psi., Psikolog mengatakan kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan sebagian orang merasa khawatir berlebihan atau takut, dan berfikir yang tidak masuk akal. Dengan melakukan 5 teknik manajemen stress (Mengenal diri sendiri, peduli diri sendiri, perhatikan keseimbangan, bersikap proaktif, dan sinergi) dapat mengurangi perasaan khawatir berlebih, takut berlebih, dan berfikiran yang tidak masuk akal.

Pengabdian masyarakat digelar selama 1 bulan dengan puncak kegiatan berupa webinar pada hari Minggu, 15 Agustus 2021. Kegiatan tersebut di hadiri oleh siswa/wi dari mitra SMK Bumi Siliwangi dan masyarakat umum dari berbagai daerah sebanyak 130 orang. Webinar dengan judul Manajemen Stress Ditengah Rehabilitasi Pasca Covid-19 digelar dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yang pernah terinfeksi Covid-19 dalam menghadapi stress akibat pasca covid-19 pada saat rehabilitasi, kegiatan ini juga dapat membantu masyarakat yang tengah melakukan isolasi mandiri dan juga stress akibat mendengar pemberitaan di media, namun kegiatan ini lebih ditekankan kepada masyarakat yang pernah terinfeksi dan sedang dalam rehabilitasi. Acara webinar ini berlangsung meriah dengan antusias dari para peserta, hal ini ditunjukan dengan banyak pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Salah satunya adalah ibu titin dari Kediri, Jawa Timur.

Tangkapan Layar Divisi Medpub, Sesi Diskusi
Tangkapan Layar Divisi Medpub, Sesi Diskusi (Dok. UBK)

Kelompok KKN 25 di bimbing oleh beberapa dosen Unversitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Ivan Andriansyah, S.Si., M.Pd. serta Hj. Sri Sulami, S.Kep., MM., Yanyan Mulyani, S.ST., M.M.Kes., M.Keb., Roganda Situmorang., M.Kep. sebagai anggota. Sebanyak 20 mahasiswa Tri Muhamad Rafli, Iplas Supiat, Muhamad Ari Rafly, Sugih Pramudya, Hadid Alif Rachmansya, Endah Arna Ningsih, Dika Nurulhaq, Ryan Sofian, Indah Nur Safitri, Mochamad Jaenudin, Irna Nurlela, Ayu Indah Lestari, Dina Setiani, Deby Regita Saputri, Lupita Sari, Mochamad Ilham, Putri Ratna Safitri, Imas Masyrifah, Lupita Khoerunnisa, dan Dida Lisnawati Nur Aida.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana (Dok.UBK)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved