Breaking News:

Berantas Hoax Dan Stigma Negatif Terhadap Covid-19

Saat ini di Indonesia sedang dilanda corona virus. Corona virus belum diketahui secara benar dari mana virus tersebut berasal. Corona virus merupakan

Editor: bisnistribunjabar
Dok. UBK
Berantas Hoax Dan Stigma Negatif Terhadap Covid-19 

TRIBUNJABAR.ID, Saat ini di Indonesia sedang dilanda corona virus. Corona virus belum diketahui secara benar dari mana virus tersebut berasal. Corona virus merupakan penyakit baru yang disebut dengan istilah Covid-19. Di masa pandemi di Indonesia yang saat ini terjadi, banyak sekali bermunculan dan berkembang berita yang mengangkat topik corona virus dengan kabar terbaru setiap harinya. Berita berita mulai bermunculan bahkan masih saja terjadi peristiwa belum diketahui kebenarannya bahkan juga bisa disebut sebagai berita palsu.

Untuk menangani serta mencegah hoax dan stigma negative terhadap covid-19 supaya tidak makin berkembang di masa pandemic ini. Universitas Bhakti Kencana melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi” dan Tagline COVID NO SEHAT YES! Yang dilaksanakan oleh mahasiswa – mahasiswi KKN Tematik Kelompok 26 Universitas Bhakti Kencana yang terdiri dari Resti Anindayanti, Septiani Vena Shobari, Junti, Rika Purnama Putri, Tia Nurfadhila, Al-Fira Putriyanti, Ni Komang Ayu Sanis, Yuni Apriyani, Tika Rasipah, Kanah Fadilah, Sri Herliya, Chita Melinda, Ilham Hamdhani, Wahyudin, Azmi Maulidayanti N, Shinta Maulida, Nursari Irwan, Indra Kurniawan, Akram Tembo Milano, Safira Salsa Nabila yang dibimbing langsung oleh tim dosen Apt, Wempi Budiana, M.Si, Fikri Mourly, A.Md., S.Kep., MKM, Ns. Winasari Dewi,. M.Kep,

Kami dari KKN Tematik Kelompok 36 mengadakan kegiatan webinar dengan judul “Berantas Hoax Dan Stigma Negative Terhadap Covid19” yang dilaksanakan pada hari Minggu 15 Juli 2021 Pukul 09.00 – 12.00, untuk menjalankan dan mensukseskan kegiatan ini, kami berkolaborasi dengan SMA KP 1 Ciparay, dan kami juga pembuka pendaftaran bagi mahasiswa/mahasiswi yang mau mengikuti kegiatan ini.

Pemaparan Materi Oleh Bapak Mufti Fauzi, M.I.Kom
Pemaparan Materi Oleh Bapak Mufti Fauzi, M.I.Kom (Dok. UBK)

Pemateri Mufti Fauzi Rahman, M.I.Kom selaku Dosen FISOS Universitas Bhakti Kencana memberikan materi dan pemahaman mengenai Berantas Hoax dan Stigma Negatif terhadap covid-19, serta pencegahannya dengan cara : bekali diri dengan informasi yang akurat, kenali sumber informasi yang dapat dipercaya, tumbuhkan perasaan peduli dan semangat gotong royong dalam berbagai kelompok masyarakat.

Sesi Tanya Jawab Partisipan Bersama Narasumber
Sesi Tanya Jawab Partisipan Bersama Narasumber (Dok. UBK)

Para partisipan sangat antusias sekali dalam kegiatan webinar ini, ditandai dengan banyaknya pertanyaan – pertanyaan yang diajukan dan pertanyaan - pertanyaan tersebut dijawab oleh narasumber secara jelas dan ringkas.

Dokumentasi Kegiatan Acara Webinar
Dokumentasi Kegiatan Acara Webinar (Dok. UBK)

Kegiatan diakhiri dengan pemberian plakat kepada mitra dan sesi poto bersama dengan partisipan. Diharapkan kedepannya siswa – siswi maupun masyarakat dapat lebih bijak dalam menanggapi dan menangkal hoax dan stigma negatif covid-19 yang beredar luas dimedia massa.

live streaming ig  ”cegah dan atasi hoax vaksinasi covid-19”)
live streaming ig ”cegah dan atasi hoax vaksinasi covid-19”) (Dok. UBk)

Selain kegiatan webinar kami juga mengadakan kegiatan Q and A dan live streaming instagram dengan judul “Cegah dan Atasi Hoax Terkait Vaksinasi Covid-19” dalam live tersebut kami membahas hoax tentang vaksinasi dan bagaimana cara untuk mencegah hoax yang beredar dimedia sosial. Selain itu juga kami memposting beberapa poster tentang hoax-hoax covid dan cara untuk melawan hoax covid di media sosial.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana (Dok.UBK)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved