Breaking News:

Webinar “Sosialisasi dan Edukasi Preventif Vaksinasi Covid-19 Pada Remaja (VCR) Penyelamat Bangsa”

Data yang di dapatkan dari SMAN 1 Kertasari bahwa rentang usia siswa dan siswi nya berusia 12-17 tahun, 95,65% siswa-siswi belum melakukan vaksinasi

Editor: bisnistribunjabar
ubk2108a 

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA
Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi
Webinar “Sosialisasi dan Edukasi Preventif Vaksinasi Covid-19 Pada Remaja (VCR) Penyelamat Bangsa”

TRIBUNJABAR.ID Dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung ini, pemerintah terus gencar mengupayakan berbagai macam cara untuk menurunkan angka positif kasus Covid-19 salah satunya dengan program vaksinasi. Pemerintah sudah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat, salah satunya bagi kelompok remaja usia 12-17 tahun yang tercantum pada Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/1727/2021.

Namun, program vaksinasi Covid-19 bagi remaja usia 12-17 tahun sepertinya belum tersosialisasikan dengan baik. Universitas Bhakti Kencana dengan Moto nya “Kami Hadir Untuk Kesehatan Negeri” merespon program pemerintah dengan melaksanakan program Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Kami kelompok 6 KKN- PPM Tematik Universitas Bhakti Kencana melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi” dengan tagline COVID-19 NO! SEHAT YES!. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh kelompok 6 ini bermitra dengan salah satu sekolah yang terletak di wilayah Kabupaten Bandung yaitu SMAN 1 Kertasari, tepatnya di Jl. Terusan Pacet Km. 15,5, Sukapura, Kertasari, Jawa Barat.

Data yang di dapatkan dari SMAN 1 Kertasari bahwa rentang usia siswa dan siswi nya berusia 12-17 tahun, 95,65% siswa-siswi belum melakukan vaksinasi Covid-19, 56,52% siswa-siswi belum memahami tentang vaksin Covid-19. Hal inilah yang mendasari kelompok melakukan kegiatan webinar dengan judul “Sosialisasi dan Edukasi Preventif Vaksinasi Covid-19 Pada Remaja (VCR) Penyelamat Bangsa” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Agustus 2021 pada pukul 13.00 – 16.10 WIB melalui aplikasi zoom.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen pembimbing dan tim mahasiswa (kelompok 6) Universitas Bhakti Kencana. Tim dosen pembimbing diketuai oleh Vina Vitniawati, S.Kep., Ners., M.Kep dengan anggota Hani Oktafiani, S.ST., M.Keb , Ns. Hilman Mulyana, S.Kep., M.Kep , dan Garnadi Jafar, M.Si., Apt. Adapun dari tim mahasiswa diketuai oleh Alfan Azqya dengan anggota yang terdiri dari Aldiansyah, Ani Sumiati, Yulianti Nurmalasari, Anisa Rahmawati, Nabila Berliana, Dara Nurafriani, Ikma Nidaul Khofiya, Rizka Lutfia, Dewi Susanti, Happy Nur Fauziyah, Arsya Khoerunisa A, Bunga Annastya F, Melani Siti Andriani, Anisa Melani, Dila Nurfadilah, Intan Putri Iqlima, Aa Rosidin, Farida Fauziah, dan Sri Suliyawati.

Sambutan ketua tim dosen pembimbing, Vina Vitniawati, S.Kep., Ners., M.Kep
Sambutan ketua tim dosen pembimbing, Vina Vitniawati, S.Kep., Ners., M.Kep 

Pelaksanaan acara webinar ini berjalan dengan lancar dan antusiasme peserta yang luar biasa karena para peserta tidak hanya berasal dari mitra (SMAN 1 Kertasari) saja, melainkan dari berbagai sekolah seperti SMAN 1 Cicalengka, Poltekkes, SMA PGRI Cicalengka, SMAN 2 Metro, SMA Mekar Arum, dan dari berbagai sekolah lainnya, serta kalangan masyarakat umum, institusi lainnya dengan jumlah responden mencapai 200 orang.

Acara webinar ini dihadiri oleh kepala sekolah dan beberapa perwakilan guru-guru serta staff dari SMAN 1 Kertasari. Tujuan diselenggarakannya kegiatan webinar ini sebagai salah satu sarana, khususnya bagi mitra yang bersangkutan untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi (remaja) mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19.

Pemaparan materi oleh Garnadi Jafar, M.Si., Apt
Pemaparan materi oleh Garnadi Jafar, M.Si., Apt 

Pemateri pertama dalam acara webinar ini yakni Bapak Garnadi Jafar, M.Si., Apt. Beliau menjelaskan mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi remaja, karena remaja merupakan generasi penerus bangsa yang harus terus ditingkatkan kualitas hidupnya khususnya dalam hal kesehatan. Beliau juga menjelaskan mengenai efikasi vaksin, siapa yang layak, tidak layak, atau tunda vaksinasi, serta pentingnya vaksinasi untuk mencegah penularan penyakit menular seperti Covid-19.

Pemaparan materi oleh Hani Oktafiani, S.ST., M.Keb
Pemaparan materi oleh Hani Oktafiani, S.ST., M.Keb

Selanjutnya, pemaparan oleh pemateri kedua yakni Ibu Hani Oktafiani, S.ST., M.Keb. Beliau menjelaskan mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 salah satunya yaitu menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Beliau juga menjelaskan langkah-langkah vaksinasi bagi kelompok usia 12-17 tahun dimulai dari tempat pelaksanaan, sampai keadaan yang layak vaksin seperti dalam kondisi sehat, tidak demam, tidak sedang batuk/flu, dan tekanan darah normal.

Selama pelaksanaan webinar, antusiasme peserta untuk bertanya sangat tinggi yang dapat membuktikan bahwa masih minim pengetahuan siswa-siswi, mahasiswa maupun masyarakat umum mengenai Covid-19 dan vaksinasi. Diharapkan setelah diadakannya webinar ini dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi, mahasiswa maupun masyarakat umum mengenai bahaya Covid-19 sehingga dapat menurunkan angka positif Covid-19 melalui vaksinasi di Indonesia.

ubk1508h
 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved