Breaking News:

Sehat dan Produktif Dengan Rehabilitasi Fisik Pasca Covid -19

Kegiatan webinar ini dilakukan pada Hari Senin, 16 Agustus 2021 di mulai pada pukul 08.00-11.30 melalui aplikasi zoom dan Youtube.

Editor: bisnistribunjabar
Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar 

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA
“SEHAT DAN PRODUKTIF DENGAN REHABILITASI FISIK PASCA COVID -19 UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP PADA MASYARAKAT”

TRIBUNJABAR.ID Coronavirus disease 2019 (Covid 19) adalah penyakit jenis baru yang belum pernah di identifikasi sebelumnya pada manusia (Kementrian Kesehatan RI, 2020). Covid-19 mempengaruhi sistem tubuh seperti sistem jantung dan pembuluh darah, pencernaan, hematologi, musculoskeletal dan system pernafasan menurut dr. Ijan Aprijana, Sp. KO. Selain itu juga hasil dari kuesioner yang di dapatkan dari responden menunjukan bahwa kualitas hidup yang di miliki mereka dalam kategori sedang. Sesuai dengan tema yang diusung pada KKN TEMATIK tentang rehabilitasi fisik pasca covid 19 maka kami mengadakan webinar yang bertujuan untuk memberikan informasi bagi peserta khususnya bagi penyintas covid 19 dan umum nya kepada seluruh peserta lain bagaimana pentingnya rehabilitasi fisik pasca covid 19, serta untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian para peserta untuk lebih menjaga dirinya sendiri untuk tetap menjaga kesehatan fisik dimasa pandemi ini. Webinar ini sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana dengan tema Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi. COVID-19 NO, SEHAT YES!!

Kegiatan webinar ini dilakukan pada Hari Senin, 16 Agustus 2021 di mulai pada pukul 08.00-11.30 melalui aplikasi zoom dan Youtube. Kegiatan ini melibatkan beberapa Mitra yaitu, Kelurahan Taman Sari, SMKN 1 Majalaya dan Karang Taruna Sindanggalih. Tema yang di angkat pada Kegiatan Webinar ini adalah “Say Goodbye Covid-19 With Healthy Mind Body And Soul” Webinar ini berkolaborasi dengan kelompok 3.

Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar
Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar 

Dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Universitas Bhakti Kencana dan Balai Kesehatan Olaharaga Masyarakat (BKOM) Bndung. Narasumber dari Universitas Bhakti Kencana dari Program Studi Ilmu Psikologi Fakultas Ilmu Sosial yaitu Ermilda, S.Psi., M.Psi., Psikolog dengan pembahasan Bagaimana Mengelola Kesehatan Psikis Pada Penyintas Covid-19 serta narasumber dari Balai Kesehatan Olah raga Masyarakat yaiut dr. Ijan Aprijana, Sp. KO dengan tema materi “Manfaat Latihan Fisik Pada Penyintas Covid 19” dan didampingi oleh Ali Akbar Farhani, S.Pd selaku instruktur latihan fisik. erta , Peserta yang hadir pada kegiatan ini di dalam aplikasi Zoom sebanyak kurang lebih 180 peserta sedangkan di Youtube sekitar 10 orang. Webinar digelar dengan rapi , tertib dan kondusif, Acara webinar digelar dengan agenda pemaparan materi oleh narasumber, latihan fisik oleh instruktur serta relaksasi oleh psikolog dilanjutkan dengan diskusi atas semua pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. .

Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar
Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar 

“ aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup adalah aktivitas yang biasa kita lakukan dalam sehari – hari seperti, menonton TV, memasak, menyetrika, mencuci mobil dan olahraga ringan lainnya, yang dilakukan secara baik, benar, teratur, dan terukur” di kutip dari kegiatan Webinar menurut dr. Ijan Aprijana, Sp. KO.

Selain itu pada kegiatan webinar dilakukan beberapa gerakan yang dapat membantu dalam rehabilitasi fisik yang di pandu oleh Ali Akbar Farhani, S.Pd selaku instruktur latihan fisik “ bagi penyintas dengan gejala yang cukup berat dapat dilakukan dengan latihan nafas dalam yang baik dan benar sedangkan untuk penyintas yang bergejala ringan atau tanpa gejala dapat melakukan beberapa gerakan fisik sesuai dengan kemampuannya yang bertujuan untuk mencegah kekakuan pada otot dan cedera otot”

Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar
Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar 

Selain peserta yang hadir pada kegiatan webinar adapun panitia beserta dosen yang juga turut hadir diantara nya , tim dosen Ermilda, S.Psi., M.Psi., Psikolog(Ketua), Dr. Agus Sulaeman, M.Si., Apt/ (Anggota), Ns. Ai Rahmawati, S.Kep., M.Kep (Anggota), Dr. H. Jajang Sujana Mail, Sp.An (Anggota).

Panitia Mahasiswa diantaranya, Rifky S Tahirrahman, Yevira Destryani N, Hanny Citranur, Fitri Indriani, Elsa Rachmawati, Dini Suci Fauji, Giri Bagaskara, Krisma Dewi Y, Fikry Firmansyah, Baran Haekal A, Rafly Raihan K, Mariani Halawa, Dandi Kusniadi, Yuni Mauliany, Nisa Sri Ratnasari, Istina Nuraeni, Marisa Nur M, Agis Paturrahman, Anggi Ismiatul H, Erlianda Erwan P.

Akhir dari kegiatan ini dengan pemberian sertifikat dari tim panitia kepada Narasumber sebagai bentuk tanda terimakasih sudah berkenan hadir dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar
Tangkapan Layar Tim IT kegiatan Webinar
ubk1508h
 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved