Breaking News:

Rehabilitasi Fisik Pasca Covid-19 - Pulihkan Fisik Bersama Kita Lawan Covid-19

Kegiatan KKN Pengabdian kepada Masyarakat ini bekerja sama dengan mitra dari Puskesmas Cikadu Cianjur dan SMAN 21 Bandung

Editor: bisnistribunjabar
Pelaksanaan Webinar “Pulihkan Fisik Bersama Kita Lawan Covid-19” 

TRIBUNJABAR.ID Pandemi yang terjadi akibat Covid-19 menyebabkan berbagai macam masalah di Indonesia, terutama masalah kesehatan. Hal ini sebagian besar juga dialami oleh masyarakat yang berada di wilayah Puskesmas Cikadu Cianjur dan siswa siswi SMAN 21 Bandung. Permasalahan yang terjadi di wilayah Puskesmas Cikadu Cianjur dan SMAN 21 Bandung, yaitu masyarakat yang kurang paham dan kurang peduli tentang pentingnya proses rehabilitasi pasca Covid-19, terutama rehabilitasi secara fisik.

Maka dari itu Universitas Bhakti Kencana melakukan program Kuliah Kerja Nyata Pengabdian kepada Masyarakat Tematik (KKN PPM Tematik) dengan tema khusus “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi” #COVID-19 NO, SEHAT YES. Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayah Puskesmas Cikadu Cianjur dan siswa siswi SMAN 21 Bandung dengan judul “Pulihkan Fisik Bersama Kita Lawan Covid-19”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Bhakti Kencana kelompok 21 yang di ketuai oleh Fawwaz Tian Ramadhan, dengan anggota Ica Nur Agustina, Sri Lestari, Irva Nurfadila, Usna Dewi Lestari, Ilma Tartila, Rafli Ahmad Ramdhan, Shely Putri Asih, Alwi Dwi Aryana, Fitri Setiawati Pratiwi, Meyra Mutiara, Amirah Salwa M, Delia Syifa Saepul Annisa, Nisa Ghaniyah, Nidaul Khasanah, Mochamad Yusuf Mulyana, Niken Salma, Mega Nur Asih, Eriana Adha Dwiarani, dan Denaila Silegar Destiani. Mahasiswa dibimbing oleh dosen yang di ketuai oleh Ns. H Baharudin Lutfi S, S.Kep., M.Kep, dengan anggota Maria Ulfah Jamil, SST., M.Tr.Keb, apt. Mohamad Isronijaya, SSi., MM, dan Rachwan Herawan, Drs., BscAn., M.Kes.

Kegiatan KKN Pengabdian kepada Masyarakat ini bekerja sama dengan mitra dari Puskesmas Cikadu Cianjur dan SMAN 21 Bandung. Setelah kedua mitra tersebut memberi izin dan kemudian dilakukan observasi serta diskusi, didapatkan informasi bahwa masyarakat yang sudah pernah terpapar Covid-19 kurang paham dan kurang peduli terhadap pentingnya proses rehabilitasi, terutama rehabilitasi secara fisik. Hal ini juga diungkapkan dari pihak Puskesmas Cikadu Cianjur, bahwa Puskesmas Cikadu Cianjur tidak memberikan pelayanan rehabilitasi fisik. Maka dari itu, kami dari kelompok 21 menyelenggarakan acara Webinar dengan judul “Pulihkan Fisik, Bersama Kita Lawan Covid-19” sebagai salah satu cara untuk memecahkan permasalahan pada kedua mitra tersebut.

Webinar ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom, yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2021 dari pukul 08.00 - 11.50 WIB, dengan jumlah peserta sebanyak 82 orang dan diketahui sekitar 20,3% dari keseluruhan peserta pernah terinfeksi Covid-19.

Dalam pelaksanaan webinar ini, pemaparan materi disampaikan oleh dua narasumber dan dipandu oleh Moderator yaitu apt. Mohamad Isronijaya, SSi., MM. Dimana narasumber pertama yaitu Ns. H Baharudin Lutfi S, S.Kep., M.Kep yang merupakan selaku Dosen Keperawatan di Universitas Bhakti Kencana, beliau memberikan materi tentang Rehabilitasi Fisik pasca Covid dan Manfaat Senam Aerobik pada Pasien pasca Covid-19. Dalam pemaparan materi tersebut, beliau menjelaskan bahwa pada penderita Covid-19 yang telah memiliki hasil negatif akan tetap mempunyai gejala berlanjut yang disebut sebagai gejala long Covid. Gejala long Covid ini diantaranya adalah kelelahan, nyeri otot dan sendi, rasa lemas, sesak nafas, dan salah satu rehabilitasi fisik yang dapat dilakukan adalah dengan Senam Aerobik.

Pemaparan Materi oleh Ns. H Baharudin Lutfi S, S.Kep., M.Kep
Pemaparan Materi oleh Ns. H Baharudin Lutfi S, S.Kep., M.Kep 

Narasumber kedua yaitu Aam Abdul Muhyan, A.Md.Kep, yang merupakan perawat RSDC-19 (Rumah Sakit Darurat Covid-19) Rusunawa Gandasari DINKES Kabupaten Garut. Beliau memberikan materi tentang penatalaksanaan Bilas Hidung pada pasien pasca Covid dengan gejala anosmia, dan tekhnik relaksasi nafas dalam.

Pemaparan Materi oleh Aam Abdul Muhyan, A.Md.Kep
Pemaparan Materi oleh Aam Abdul Muhyan, A.Md.Kep

Sebagai media penunjang untuk materi tersebut, kelompok 21 menampilkan video senam aerobik, bilas hidung dan tekhnik relaksasi nafas dalam pada saat pemaparan materi berlangsung sebagai beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk rehabilitasi fisik pasca Covid-19. Video tersebut juga tersedia di saluran Youtobe KKN PPM TEMATIK UBK 21.

Akun Youtobe Kelompok 21 : KKN PPM TEMATIK 21
Akun Youtobe Kelompok 21 : KKN PPM TEMATIK 21 

Kemudian hasil evaluasi dari kegiatan webinar ini dilakukan dengan pengisian kuis melalui Quiz, dengan tujuan untuk melihat seberapa jauh para peserta memahami materi yang disampaikan oleh para narasumber. Dimana akhir dari kegiatan webinar ini yaitu pemberian sertifikat kepada narasumber, dan pemberian doorprize untuk beberapa kategori diantaranya pemenang like twibon terbanyak, peserta yang aktif dan berantusias terhadap acara webinar, serta pemenang kuis dengan nilai tertinggi.

ubk1508h
 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved