Breaking News:

Perbaiki Psikologis Lawan Rasa Trauma

Menurut Savage (2020), dampak psikologis akibat pandemi Covid-19 diduga akan bertahan lama

Editor: bisnistribunjabar

Pengabdian Masyarakat Universitas Bhakti Kencana Bersana Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Melewati Pandemi Covid-19, No! Sehat , Yes!

TRIBUNJABAR.ID Pada bulan 15 Agustus 2021, Indonesia menduduki peringkat kelima di dunia dalam penambahan kasus harian Covid-19 (Tribunnews), dan peringkat kesepuluh dunia dalam kasus kematiannya. Segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah maupun pihak lainnya dalam pemutusan rantai penyebaran virus SARS CoV-2 penyebab Covid-19.

Menurut Savage (2020), dampak psikologis akibat pandemi Covid-19 diduga akan bertahan lama. Para ahli memperingatkan bahwa sebagian kecil orang bisa mengalami masalah kesehatan mental yang berkepanjangan, lebih lama dari pandemi itu sendiri. Kelompok 7 KKN Universitas Bhakti Kencana melakukan penelitian kepada 37 responden dengan rentang usia 15-25 tahun dan didapatkan hasil bahwa 75,7% orang terdekat dari responden pernah mengalami Covid-19; dengan 67,7% diantaranya meninggal dunia. Akibatnya beberapa responden mengalami masalah psikologis/ kesehatan mental yang timbul akibat kekhawatiran seseorang akan terkena Covid-19 ataupun seseorang yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 namun menjadi pasien berstatus positif kembali.

ubk2108b2
 

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat rentang usia 15-25 tahun tentang kesehatan mental di masa pandemi, kelompok 7 KKN Universitas Bhakti Kencana memperkenalkan “Pentingnya Kesehatan mental dan Pengelolaannya Menggunakan Teknik EFT” melalui Webinar Kesehatan dengan judul “Perbaiki Psikologis, Lawan Rasa Trauma“.

ubk2108c2
 

Webinar berlangsung pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 pukul 13.00 sampai 17.00 WIB melalui Zoom Meeting dan live YouTube dengan bantuan dari Mitra di SMK Kesehatan Rancaekek, UPT Puskesmas Cibalong Garut, serta Media Partner dari SejutaCita; dengan dua narasumber yaitu Ibu Ermilda, S.Spsi.,M.Psi.,Psikolog selaku Kepala Unit Bimbingan Konseling Universitas Bhakti Kencana dengan pokok bahasan “Pentingnya menjaga kesehatan mental pada masa pandemi” dan Bapak Imam Abidin, S.Kep.Ners.,CH.,CHt.,Cl.,CEAP.,CET selaku Hypnoterapist Profesional yang telah membawakan topik berupa “Pengelolaan kesehatan mental dengan teknik EFT”.

ubk2108d2
 

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat kelompok 7 Universitas Bhakti Kencana ini dihadiri lebih dari 300 peserta dari berbagai daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, hingga Papua. Yang terdiri dari ±200 peserta mengikuti zoom meeting, sedangkan ±100 peserta yang tidak bisa memasuki zoom meeting mengikuti acara webinar melalui live youtube.

Kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan oleh ketua pelaksana Muh Galih Purnama dan anggota yang terdiri dari Anisa Nusrafitri Chaniago, Andi Hidayat, Ari Desyana Fitri, Asep Saeful Anwar, Annisa Nurul Jannah, Rian Kurniawan Julians, Vani Alvianto, Cici Paramida, Deni Kurniawan, Nada Endah, Reni Siregar, Sinta Khotijah, Cucu Setiawati, Cyntia Wahyu Nin Tyas, Deni Merdani Septian, Undayati, Yuni Alfian Rubi, Mesa Sonia, Muhammad Dzul Kifly, serta dipandu dengan bimbingan dari dosen yang diketuai oleh Bapak Rikky Gita Hilmawan, S.KM., M.KM disertai dengan 3 anggota tim dosen lainnya, Ibu Idar, M.Si, Ibu Dewi Nurlaela Sari S.ST., M.Keb, dan Ibu Anggi Jamiyanti, S.Kep., Ners.

ubk1508h

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved