Breaking News:

Pentingnya Memahami Adaptasi Kebiasaan Baru 5M Dalam Lingkungan SMAN 1 Majalaya Dimasa Pandemi

Situasi pandemi karena virus Covid-19 yang dialami oleh Indonesia telah membuat sebuah tatanan baru dalam aktivitas kehidupan. Upaya perilaku hidup se

Editor: bisnistribunjabar
Dok. Universitas Bhakti Kencana
Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana 

TRIBUNJABAR.ID - Situasi pandemi karena virus Covid-19 yang dialami oleh Indonesia telah membuat sebuah tatanan baru dalam aktivitas kehidupan. Upaya perilaku hidup sehat dan bersih pun perlu dilakukan guna mengurangi penyebaran Covid-19 dengan cara diterapkannyaprotokol kesehatan 5M yaitu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, memakai handsanitizer yang berguna sebagai antiseptik, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, Universitas Bhakti Kencana menyelenggaraka kegiatan KKN-PPM TEMATIK yang bertemakan “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi COVID-19 NO ! SEHAT YES !”.dengan judul “Ayo Sehat Di Masa Pandemi”. Kegiatan Pengabdian Kepada  Masyarakat Universitas Bhakti Kencana Kelompok 1 beranggotakan 20 orang mahasiswa/i yang diketuai oleh Aditya Julianto Pratama dengan anggota Elis Maryati, Melia Adila, Adisa Septie Nurhasanah, Amalia Nur Fadilah, Sari Rahmayanti, Anditha Nourma Pramesta, Ai Nurul Khotimah, Iin Indriyani, Kiki Akilah, Irsalina Hafilah, Agis Fijri Audini, Ai Nurlina, Erika, Adinda Dewi Utari, Adi Satria Pangestu, Putri Widya Kustianti, Desi N. Krisnadi, Miptah Awalani, Rizky Arya Dinata. Dengan tim Dosen pembimbing yang diketuai oleh Ani Anggriani, M. Si., Apt dengan anggota Dra. Trijani Moedjiherwati, M. Kes, Ade Tika Herawati, S. Kep., Ners., M. Kep, dan Yosef Pandai Lolan, M. Kes.

Kunjungan ke lokasi mitra
Kunjungan ke lokasi mitra (Dok. Universitas Bhakti Kencana)

Kelompok 1 KKN bekerja sama dengan SMAN 1 Majalaya selaku mitra dalam kegiatan. Permasalahan mitra yakni belum adanya penerapan secara maksimalterhadap perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan SMAN 1 Majalaya. Dari permasalahan ini didapatkan solusi yaitu memberikan penyuluhan kesehatan melalui Webinar dengan narasumber ahli kesehatan masyarakat.Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman mengenai cara penerapan perilaku hidup bersih dan sehat 5M dalam lingkungan sekolah SMAN 1 majalaya.Kegiatan webinar dilaksanakan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 14 Agustus 2021 pukul 08:00-12:00 melalui platform online Zoom meeting dengan jumlah peserta 109 peserta.

Dokumentasi kegiatan webinar
Dokumentasi kegiatan webinar (Dok. Universitas Bhakti Kencana)

Narasumber dari kegiatan webinar yakni bapak Agung Sutriyawan, SKM., M.Kes menjelaskan mengenai PHBS perenapan protokol kesehatan dan etika batuk pada masa pandemi Covid-19. Bapak Agung menyampaikan bahwa penularan Covid-19 salahsatunya bermula pada tangan yang kotor. Tangan yang kotor dapat berisiko terkontaminasi virus Corona sehingga dapat menyebarluaskan virus tersebut apabila menyentuh mata, hidung, dan  mulut karena kuman dapat masuk melalui mukosa, yakni jaringan permukaan dalam tubuh di mata, hidung, dan mulut. Terlebih munculnya virus corona varian delta yang 3 kali lebih menular dibandingkan varian pertama virus penyebab Covid-19 telah menyebar luas, sehingga kemungkinan risiko seseorang tertular varian ini lebih tinggi.

Penyampaian materi webinar olehbapak Agung Sutriyawan, SKM., M.Kes
Penyampaian materi webinar olehbapak Agung Sutriyawan, SKM., M.Kes (Dok. Universitas Bhakti Kencana)

Bapak Agung selaku pemateri kemudian menjelaskan perlunnya menerapkan protokol kesehatan dari 5M menjadi 6M serta Etika batuk yang baik guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19. 6M adalah upaya pencegahan penularan Covid-19 yang terdiri dari Menggunakan masker dengan benar, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas, Menjauhi kerumunan dan Menghindari makan bersama. Serta Etika batuk dan bersin, menggunakan masker, menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam, menutup hidung dan mulut menggunakan tisu, membuang tisu di tempat sampah dan segerakan cuci tangan dengan menggunkan air mengalir.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana (Dok.UBK)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved