Breaking News:

Peningkatan Pengetahuan PHBS Dengan Protokol Kesehatan Di sekolah

Grafik penyebaran covid-19 belum menunjukan tren penurunan namun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan penerapan PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegia

Editor: bisnistribunjabar
Dok. UBK
Peningkatan Pengetahuan PHBS Dengan Protokol Kesehatan Di sekolah 

TRIBUNJABAR.ID, Grafik penyebaran covid-19 belum menunjukan tren penurunan namun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan penerapan PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia) , Kondisi ini membuat publik menghadapi dilema antara kepentingan ekonomi dan kekhawatiran meningkatnya penularan covid-19.

Tidak hanya dalam dunia ekonomi, sama halnya dengan dunia pendidikan dimana para pelajar harus merasakan pembelajaran secara daring/online, Tetapi Sekolah Tatap Muka atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas sudah diperkenankan untuk wilayah PPKM level 1-3. Sekolah tatap muka terbatas bisa dijalankan dengan aturan dan protokol kesehatan yang ketat.

Kementrian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan, sekolah tatap muka sudah dapat dilaksanakan di jenjang PAUD sampai SMA. Selain dengan penerapan prokes ketat, PHBS dan pelajar itu sendiri juga berperan dalam sekolah tatap muka, Untuk menangani hal tersebut Universitas Bhakti Kencana akan melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertemakan “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi” dan Tagline COVID NO! SEHAT YES! yang dilaksanakan oleh Kelompok 8 terdiri dari 4 Fakultas yaitu, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Keperawatan.

Beranggotakan 19 Mahasiswa/i yang diketuai oleh Cantika Diana Agustin dan anggotanya yaitu Ananda Thalia Ramdhan, Aradea Amanda, Arista Putri Agustin, Asri Kartika Sumirat, Asri Puspitasari, Darozat Gartiwa, Deden Ramadhan, Desi Fitriani Kuswara, Desti Ramanti Putri, Elsa Ratna Dewi, Fauziah Srie Hazmi, Galuh Abimanyu, Iqbal Maulana, Lilis Rismayanti, Muhammad Rahadito, Muhammad Sidiq Maulana, Nurhasanah, Syifa Anjani Rahma Putri, Dan Dosen pembimbing yang sudah membimbing kami selama persiapan kegiatan yaitu Ibu Ika Kurnia Sukmawati, M.Si., Apt selaku Ketua dosen pembimbing,dan anggotanya yaitu Ibu Meda Yuliani, S.ST, M.Kes dan Bapak Irfan Safarudin Ahmad S.Kep.,Ners

Kami dari Kelompok 8 Mengadakan sebuah kegiatan secara virtual pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 Pukul 08.00-11.00 WIB, Dengan ke-3 Mitra yaitu (SMK Bhakti Kencana Majalaya,SMK Bhakti Kencana Limbangan,SMK Bhakti Kencana Farmasi Soreang) Juga kegiatan ini dibuka secara umum untuk SMK/SMA Bandung lainnya. Dengan Judul “Peningkatan Pengetahuan PHBS Dengan Protokol Kesehatan Disekolah” Sehingga dengan adanya kegiatan webinar ini bukan hanya para pelajar tetapi masyarakat pun bisa ikut serta dalam pengendalian dan pencegahan covid-19 dilingkungan sekolah maupun masyarakat.

Kelompok 8 Mengadakan sebuah kegiatan secara virtual pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 Pukul 08.00-11.00 WIB, Dengan ke-3 Mitra yaitu SMK Bhakti Kencana Majalaya,SMK Bhakti Kencana Limbangan,SMK Bhakti Kencana Farmasi Soreang.
Kelompok 8 Mengadakan sebuah kegiatan secara virtual pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 Pukul 08.00-11.00 WIB, Dengan ke-3 Mitra yaitu SMK Bhakti Kencana Majalaya,SMK Bhakti Kencana Limbangan,SMK Bhakti Kencana Farmasi Soreang. (Dok. UBK)

Pemateri Pertama yaitu Ibu Meda Yuliani, S.ST, M.Kes yang menjelaskan tentang pentingnya peran siswa/i dalam Pencegahan dan Pengandalian Covid-19 disekolah yaitu sebagai Pengawas untuk temannya yang lain dalam menjalankan protokol kesehatan, sebagai Agen Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Covid-19 dengan menjalankan prokes 3M,Mengikuti Vaksinasi (12 thn-17 thn),Sebagai Influencer menyebarkan kegiatan pencegahan, pengendalian, dan pencegahan covid-19 di media sosial, sebagai Penyebar informasi yang valid.

Para partisipan sangat antusias mendengar penjelasan dari para narasumber ditandai dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh partisipan webinar.
Para partisipan sangat antusias mendengar penjelasan dari para narasumber ditandai dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh partisipan webinar. (Dok. UBK)

Pemateri Kedua yaitu Ibu Ika Kurnia Sukmawati, M.Si., Apt yang menjelaskan tentang Pentingnya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat dimasa Pandemi,PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan anggotanya mamou menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat,5 tatanan PHBS Yaitu : PHBS Rumah Tangga, PHBS Institusi Pendidikan, PHBS Tempat Kerja, PHBS Tempat Umum, PHBS Fasilitas Kesehatan.

Dalam kegiatan webinar ini para partisipan sangat antusias mendengar penjelasan dari para narasumber ditandai dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh partisipan webinar. Pertanyaan tersebut dijawab dengan ringkas dan jelas oleh para narasumber sehingga peserta dapat memahami jawaban yang disampaikan.

Penghargaan berupa plakat secara virtual Oleh Ketua Pelaksana Cantika Diana Agustin kepada Ke-3 Mitra
Penghargaan berupa plakat secara virtual Oleh Ketua Pelaksana Cantika Diana Agustin kepada Ke-3 Mitra (Dok. UBK)
Foto bersama para peserta
Foto bersama para peserta (Dok. UBK)

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan penghargaan berupa plakat secara virtual Oleh Ketua Pelaksana Cantika Diana Agustin kepada Ke-3 Mitra sebagai tanda mata dan ucapan terimakasih dan evaluasi dengan foto bersama para peserta. Dengan Kegiatan Webinar ini, diharapkan dapat meningkatkan minat dan juga kesadaran para generasi muda dan masyarakat terhadap protokol kesehatan agar adanya penurunan intensitas penularan Covid-19 di indonesia.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana (Dok.UBK)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved