Breaking News:

Mewujudkan Masyarakat Yang Cerdas Dalam Merehabilitasi Penyintas Covid-19

Angka kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Pada beberapa kasus, penyintas Covid-19 mengalami efek dari kejadian pasca Covid-19

Editor: bisnistribunjabar
Dok. UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA 

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA
Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi
COVID-19, NO! SEHAT, YES!

TRIBUNJABAR.ID - Angka kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Pada beberapa kasus, penyintas Covid-19 mengalami efek dari kejadian pasca Covid-19 salah satunya adalah nyeri otot, nyeri sendi, dan kelelahan. Pada KKN Tematik Kelompok 20 ini yang menjadi sasaran yaitu Masyarakat Kp. Pasir Angin RT. 02 RW. 06 Desa. Talun Kec. Ibun Kab. Bandung. Berdasarkan hasil wawancara kepada ketua RW.06 jumlah warga RW 06 terdapat 346 orang dan 17 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

KKN Tematik Kelompok 20 ini dibimbing oleh beberapa dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Eki pratidina, S.Kp., MM dan pembimbing lainnya yaitu Ns. Ana Ikhsan Hidayatullah S.Kep., M.Kep., Drs. Apt. Rahmat Santoso, M.Si., MH.Kes., dan Tri Nur Jayanti, S.Kep., Ners., M.Kep. Sebanyak 20 anggota terlibat dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh Fazry Rachmatulloh dan beranggotakan Maharani Citra Nabila, Hana Nabiilah, Mitha Syaharani, Mutia Maudina, Intan Asmarani, Tiara Nuraeni, Saarah Putri K. P, Nurlieta Ananda Tazkia, Anita Rushendarti, Ayu Diyana, Risa Agustiani, Yafi Cahyana Mauladan, Gita Puspitasari, Akbar Marta Nurpauzi, Mutiara Mumthaz, Ida Nurfikah, Putri Intan Pandini, Ayu Triani, dan Erika Sri Yulia Agustiani.

KKN Tematik Kelompok 20 UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA
KKN Tematik Kelompok 20 UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA (Dok. UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA)

Kegiatan KKN Tematik 2021 ini berlangsung dari tanggal 14 Juli - 25 Agustus 2021, dimulai dari pembekalan KKN Tematik mahasiswa, pengenalan lapangan, rancangan kegiatan, pelaksanaan dan pelaporan KKN Tematik. Situasi pandemi ini, tidak mengurangi inovasi dan kreativitas mahasiswa Universitas Bhakti Kencana dalam melakukan program-program KKN yang solutif dan edukatif bagi masyarakat. Dalam pelaksanaannya KKN Tematik Kelompok 20 mengadakan webinar yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dan disaksikan oleh masyarakat di RW 06 Desa Talun, Kec. Ibun, Kab. Bandung yang dilaksanakan langsung secara online maupun offline di Gedung RW 06 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pelaksanaan webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam merehabilitasi penyintas covid-19. Sebelumnya, KKN Tematik Kelompok 20 melakukan penyuluhan dengan memberikan edukasi dalam bentuk leaflet dan brosur yang dilakukan melalui media sosial seperti instagram, youtube dan grup whatsapp yang diikuti oleh lebih dari 230 orang dari berbagai lapisan masyarakat.

KKN Tematik Kelompok 20 mengadakan webinar yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dan disaksikan oleh masyarakat
KKN Tematik Kelompok 20 mengadakan webinar yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dan disaksikan oleh masyarakat (Dok. UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA)

Adapun dalam Webinar Mewujudkan Masyarakat yang Cerdas dalam Merehabilitasi Penyintas Covid-19 ini memberikan edukasi secara teori mengenai Latihan Fisik Pasca Covid-19, Nutrisi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Pasca Covid-19, Obat Tradisional Untuk Meningkatkan Imun Pasca Covid-19 dan Pencegahan Infeksi Berulang Pasca Covid-19.

Selain edukasi secara teori, KKN Tematik Kelompok 20 ini memberikan edukasi dengan mempraktikan bersama, secara langsung mengenai bagaimana melakukan Latihan Fisik Pasca Covid-19 dalam bentuk zumba dan mobilisasi juga mempraktekkan cara cuci tangan yang benar dan penggunaan masker yang baik dan benar, sebagai bentuk upaya pencegahan infeksi berulang pasca Covid-19.

KKN Tematik Kelompok 20 ini memberikan edukasi dengan mempraktikan bersama, secara langsung mengenai bagaimana melakukan Latihan Fisik Pasca Covid-19 dalam bentuk zumba dan mobilisasi juga mempraktekkan cara cuci tangan yang benar  dan penggunaan masker yang baik dan benar, sebagai bentuk upaya pencegahan infeksi berulang pasca Covid-19.
KKN Tematik Kelompok 20 ini memberikan edukasi dengan mempraktikan bersama, secara langsung mengenai bagaimana melakukan Latihan Fisik Pasca Covid-19 dalam bentuk zumba dan mobilisasi juga mempraktekkan cara cuci tangan yang benar dan penggunaan masker yang baik dan benar, sebagai bentuk upaya pencegahan infeksi berulang pasca Covid-19. (Dok. UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA)

Semoga dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TEMATIK Universitas Bhakti Kencana yang dilaksanakan oleh Kelompok 20 dapat memberikan dampak positif dan wawasan ilmu kesehatan yang berguna bagi masyarakat Kp. Pasir Angin RT. 02 RW. 06 Desa. Talun Kec. Ibun Kab. Bandung khususnya dan seluruh peserta webinar dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam merehabilitasi penyintas covid-19.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana (Dok.UBK)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved