Breaking News:

Sudahi Galaumu, Mari Kupas Terong (TERapi nON-farmakoloGi) Bersama UBK Melalui Auto Relaksasi

Pandemi covid-19 masih berlangsung di indonesia dan beberapa waktu lalu mengalami peningkatan jumlah kasus positif di daerah Puskesmas Cempaka Arum

Editor: bisnistribunjabar
Evaluasi kegiatan panitia KKN kelompok 9 

SUDAHI GALAUMU, MARI KUPAS TERONG (TERapi nON-farmakoloGi) BERSAMA UBK MELALUI AUTO RELAKSASI (hypnosis, yoga dan terapi uap)

TRIBUNJABAR.ID,- Pandemi covid-19 masih berlangsung di indonesia dan beberapa waktu lalu mengalami peningkatan jumlah kasus positif. Banyaknya penderita jumlah kasus positif covid-19 juga terjadi di daerah Puskesmas Cempaka Arum, Gedebage, Kab. Bandung.

Covid-19 tidak hanya menimbulkan kondisi sakit secara fisik tetapi juga memengaruhi psikis penderita. Berdasarkan wawancara Kepada Petugas UPT Puskesmas Cempaka Arum bahwa masyarakat di wilayahnya yang terkonfirmasi Covid-19 banyak yang mengeluh cemas. Cemas yang timbul berasal dari rasa takut, rasa malu dan juga rasa tidak nyaman dengan status Positif Covid-19 yang mereka alami terutama dalam menghadapi lingkungan sekitar.

Kondisi tersebut mendorong Universitas Bhakti Kencana melakukan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Hati Mengarungi Pandemi” #COVID-19 NO, SEHAT YES. Kegiatan yang dilakukan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan kecemasan yang diberi judul “SUDAHI GALAUMU, MARI KUPAS TERONG (TERapi nON-farmakoloGi) BERSAMA UBK MELALUI AUTO RELAKSASI (hypnosis, yoga dan terapi uap)”.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Bhakti Kencana kelompok 9 yang diketuai oleh Widya Desyanti dengan anggota Mae Maelani, M. Imam Muslim, Nurdisa Khapon, Ayudia Anindita, Yahya Ahmad Zakaria, Dea Yulianti, Dewi Kartika, Eka Nursafitri, Resa Sri Wulan, Eva Nurmalasari, Violina Anggraeni B, Devita Oktaviona, Deffa Raihan Alfath, Dyah Nur Amalia, Kiki Tazkiyah, Riva Zatsiyah, Neneng Srihandis A, Nurhasanah dan Resty Ariska Putri. Mahasiswa dibimbing oleh dosen yang diketuai oleh Hj. Sri Mulyati Rahayu, S.Kp., M.Kes dengan anggota Kosasih, M.Pd, dr. Fitriani Mardiana H, M.KM, Amida Sriwianti Sabrini, S.ST., M.Keb.

Puskesmas Cempaka Arum, Gedebage Kab. Bandung merupakan mitra utama dalam kegiatan pengabdian yang kami lakukan, selain Puskesmas Cempaka Arum ada mitra tambahan yaitu SMA Muhammadiyah Haurgeulis, Indramayu dan SMK Riyadul Hikmah Salopa, Tasikmalaya.

Pada tanggal 16 Agustus 2021 pukul 09.00-11.45 kami menyelenggarakan kegiatan KKN Tematik melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh Rektor Universitas Bhakti Kencana Bapak Dr. Entris Sutrisno, MH.Kes., Apt., Sekertaris camat Bapak Drs. Asep Tamim, M.AP yang memberi sambutan pada acara KKN Tematik kelompok 9 serta masyarakat dari berbagai daerah yang mencapai 100 orang partisipan.

Sambutan dari bapak Dr. Entris Sutrisno, MH.Kes., Apt. Rektor Universitas Bhakti Kencana
Sambutan dari bapak Dr. Entris Sutrisno, MH.Kes., Apt. Rektor Universitas Bhakti Kencana
Sambutan dari bapak Drs. Asep Tamim, M.AP (Sekertaris Camat Gedebage Kab. Bandung)
Sambutan dari bapak Drs. Asep Tamim, M.AP (Sekertaris Camat Gedebage Kab. Bandung)
Foto bersama 100 partisipan kegiatan KKN Tematik Kelompok 9
Foto bersama 100 partisipan kegiatan KKN Tematik Kelompok 9 ()

Pemateri pada kegiatan ini adalah bapak Imam Abidin, S.Kep. Ners., CH., CHt., CI., CEAP., CET. Yang menjelaskan tentang terapi non-farmakologi terkhusus Terapi uap eucalyptus/minyak kayu putih, prenatal yoga dan hipnosis lima jari yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat kecemasan, selain itu pemateri mengajak partisipan untuk melakukan relaksasi dengan hipnosis lima jari serta menayangkan video-video menarik guna memberi gambaran kepada partisipan agar lebih memahami tekhnik-tekhnik yang dijelaskan. Video lengkap acara webinar tersedia di channel youtube Bhakti Kencana University, dan video tekhnik relaksasi terapi uap minyak kayu putih serta pre natal yoga tersedia di youtube kelompok 9 yaitu kkntematik9_BKU.

Pemateri mengajak partisipan melakukan hypnosis 5 jari
Pemateri mengajak partisipan melakukan hypnosis 5 jari ()
ubk1508h

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved