Breaking News:

Sosialisasikan Penerapan 6M Pada Masyarakat Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19

Permasalahan yang terlihat di kelurahan cisaranten yaitu kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk menjalankan program 6M

Editor: bisnistribunjabar

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana
Sosialisasikan Penerapan 6M Pada Masyarakat Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19

TRIBUNJABAR.ID Pandemi COVID-19 merupakan hal yang menyebabkan masalah di Indonesia,terutama di wilayah kelurahan cisaranten bina harapan RT 01 RW 10, Kab. Bandung. Terdapat 270 penduduk , Data masyarakat yang terapar COVID-19 ditemukan pada bulan Agustus sebanyak 15 orang, 1 meningal, 11 orang sembuh dan 3 orang masih isoman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kasus Sembuh di wilayah cisaranten .

ubk2008b3

Permasalahan yang terlihat di kelurahan cisaranten yaitu kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk menjalankan program 6M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Membatasi Mobilitas, Menjauhi Kerumunan, melakukan vaksinasi), masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Tindakan kelurahan cisaranten untuk penanganan kasus COVID-19 yaitu dengan penyuluhan, dalam bentuk webinar, tujuan memberitahu tentang 6M. Selain itu keluarahan cisaranten juga membagikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker didampingi oleh babinsa setempat, pemasangan spanduk 6M didepan gapura,

Meskipun pihak lurah cisaranten sudah melakukan berbagai cara dalam penanganan kasus COVID-19 , tetapi masih banyak saja masyarakat kurang memahami dan jarang mempraktikan Prokes 6M serta kurang mengetahui tentang etika batuk dan bersin.

Maka dari itu Universitas Bhakti Kencana melakukan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema Satukan Hati Mengarungi Pandemi” #COVID-19 NO, SEHAT YES. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan penyuluhan ke kelurahan Cisaranten yang diberi judul PENERAPAN 6M KEPADA MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID 19.

ubk2008c3
ubk2008d3
 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Bhakti Kencana kelompok 14 yang diketuai oleh Gihad AntarAnggota Nurul Aeni,Dinda Nursaidah, Denisa Amalia Ar H, Dina Nisa Nurjanah, Dinar Eka Putri N, Fikri Fauzi, Deni Candra R, Oky Renaldy S, Eva Yustika, Cicih Maryati, Safira Komalasari, Helda Nurmayanti, Futerie Alysa Misfah, Inta Nuraeni, Resa Nurhasanah, Risnawati, Siti Kusmiati, Syifa Khairina Qurani, Rizky Yudantara Dosen Pembimbing Deny Puriyani Azhary, M.si., Apt, Jumiatun, S.ST., M.Kes, Yani Marlina, S.Kep.,Ners, Ns. Asep Rahmadiana., S.Kep., M.Kep.

ubk2008e3

Setelah kegiatan webinar dilaksanakan, kelompok 14 memberikan cendramata berupa jam dinding kepada bapak lurah Cisaranten sebagai simbolis telah dilaksanakannya KKN di kelurahan Cisaranten.

ubk1508h
 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved