Breaking News:

Pembuatan Jamu Empon - Empon Sebagai Upaya Meningkatkan Imunitas

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran kasus

Editor: bisnistribunjabar

“Pembuatan Jamu Empon - Empon Sebagai Upaya Meningkatkan Imunitas & Penanganan Kecemasan Saat Pandemi Covid-19 Dengan Metode Relaksasi Otot Progresif"

TRIBUNJABAR.ID  PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA dengan tema “Bersama Lewati Gelombang Kedua, Satukan Langkah Satukan Hati Mengarungi Pandemi” dan TAGLINE “Covid-19 NO, SEHAT YES” telah berhasil dilaksanakan oleh kelompok 17. Kegiatan ini melibatkan 3 dosen pembimbing, sebagai ketua Bapak Dr. apt. Dadang Juanda, M.Si., dengan anggota Ibu Shinta Ayu Nani S.S.T., M.Kes dan Bapak Andri Nurmansyah, S.Kep., Ners., M.Kep. Kelompok 17 beranggotakan 19 mahasiswa/i gabungan dari Prodi Farmasi, Keperawatan, Kebidanan dan Anastesi, yang terdiri dari Ari Shaufi M, M. Irfan Maulana, Nabila Ratna K, Diana Novita S, Eka Mustika R, Gita Aprilia, Dika Refani, Mia Rumiati, Muhamad Apandi, Silvi Amelia Y, Abdul Rozak, Deni Mulya N, Intan Nurazizah, Lusi Heriyanti, Irfan Taufik, Mahendra Akbar W, Yogi Lesmana, Aditya Akbar, dan Adi Frengki.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran kasus, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan sosial berskala besar. Maka selaku tim KKN Tematik Universitas Bhakti Kencana ingin berkontribusi dalam pencegahan Covid-19 dengan berkerja sama dengan mitra yang berada di Kec. Sumedang, Kec. Pamulihan, Kec. Sukaraja, dan Kec. Blubur Limbangan untuk melakukan kegiatan ini melalui edukasi dan sosialisasi secara online melalui webinar.

ubk2008b2
ubk2008c2
 

Webinar dengan judul “Terapi Non-Farmakologi Covid-19” diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 pada pukul 09.00 – 11.45 WIB melalui aplikasi Zoom. Dengan melibatkan lebih dari 100 orang peserta yang hadir pada acara tersebut. Peserta yang hadir berasal dari berbagai kelompok usia. Ada yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, kemudian ada juga yang berprofesi sebagai guru serta ibu rumah tangga.

Pembahasan dalam webinar menyampaikan terkait pembuatan jamu empon-empon sebagai peningkat sistem imunitas dan penanganan kecemasan pada era pandemik Covid-19 dengan metode relaksasi otot progresif. Terdapat pula sesi tanya jawab sekaligus sharing terhadap topik yang telah disampaikan. Peserta webinar sangat antusias ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan. Selain itu dari panitia memberikan hadiah kepada enam orang peserta, dengan beberapa kategori, diantaranya peserta teraktif.

Panitia telah membuat video edukasi yang menampilkan cara pembuatan jamu empon-empon dan video gerakan senam relaksasi otot progresif. Selain disampaikan pada acara webinar, video tersebut dapat diakses juga melalui youtube (KKN17 Tematik) dan Instagram (KKN Kelompok 17_ubk2021). Pembuatan video bertujuan supaya peserta dan masyarakat pada umumnya dapat melihatnya dimanapun dan kapanpun serta melakukan praktek langsung. Adapun manfaat dari kegiatan webinar yang dilakukan yaitu diharapkan para peserta dapat mengetahui dan memahami macam-macam tanaman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, kemudian dapat membuat jamu empon-empon secara mandiri dan dapat menerapkan teknik relaksasi otot progresif dalam menurunkan kecemasan secara langsung baik secara mandiri ataupun kelompok.

ubk1508h
 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved