Breaking News:

Edukasi Kepada Para Remaja Dengan Mengadakan Kegiatan Talkshow “Dukung Dan Wujudkan Sejuta Vaksin”

Untuk menangani hal tersebut, Universitas Bhakti Kencana melakukan program pengabdian kepada siswa-siswi SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya

Editor: bisnistribunjabar
Universitas Bhakti Kencana melakukan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Bersama Lewati Gelombang kedua : Satukan Langkah Satukan HAti Mengarungi Pandemi” dengan tagline Covid-19 No! Sehat Yes! 

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DOSEN DAN MAHASISWA UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA
EDUKASI KEPADA PARA REMAJA DENGAN MENGADAKAN KEGIATAN TALKSHOW DENGAN JUDUL “DUKUNG DAN WUJUDKAN SEJUTA VAKSIN
(TAK KENAL MAKA TAK KEBAL)
( Universitas Bhakti Kencana melakukan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Bersama Lewati Gelombang kedua : Satukan Langkah Satukan HAti Mengarungi Pandemi” dengan tagline Covid-19 No! Sehat Yes!)

TRIBUNJABAR.ID,- Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (SARS-CoV-2). Covid-19 ini dapat mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia. Adapun salah satu cara mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan cara vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi ini bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity) terhadap virus covid-19 sehinga kehidupan masyarakat menjadi normal seperti sediakala.baru baru ini atau tepatnya 1 juli 2021 sudah diadakannya vaksinasi Covid-19 untuk usia remaja (usia 12-17 tahun), namun tidak begitu banyak remaja yang memahami dengan baik mengenai vaksinasi Covid-19.Untuk menangani hal tersebut, Universitas Bhakti Kencana melakukan program pengabdian kepada siswa-siswi SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya dengan tema “ Bersama Lewati Gelombang kedua : Satukan Langkah Satukan HAti Mengarungi Pandemi” dengan tagline Covid-19 No! Sehat Yes!

SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya merupakan targer mitra dalam pelaksanaan KKN Tematik PPM kelompok 43 ini dengan tujuan siswa siswi SMK dapat memahami dengan baik vaksinasi Covid-19, serta mengajak para siswa untuk melaksanakan vaksin Covid-19 guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Setelah diadakannya pra survei kepada para siswa siswi SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya ternyata siswa siswi masih banyak yang masih ragu bahkan tidak percaya vaksinasi Covid-19. Oleh sebab itu, untuk menangani permasalahan tersebut dilakukannya acara talkshow untuk siswa-siswi SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya dengan judul “Dukung dan Wujudkan Sejuta Vaksin (Tak Kenal Maka Tak Kebal)” yang diselenggarakan pada hari sabtu, 14 Agutus 2021 pada pukul 08.00 WIB – 10.30 WIB melalui aplikasi zoom.

Tangkap layar peserta Talkshow dengan judul “Dukung dan Wujudkan Sejuta Vaksin (Tak Kenal Maka Tak Kebal)
Tangkap layar peserta Talkshow dengan judul “Dukung dan Wujudkan Sejuta Vaksin (Tak Kenal Maka Tak Kebal) ()

Kegiatan ini terdiri dari tim mahasiswa dan tim dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Richa Noprianty, S.Kep., Ners., M PH dengan anggota Dr. Aiyi Asnawi, M.Si, Siti Jundiah, S.Kp., M.Kep, dan Linda Widyastuti, S.Psi., M.Psi.,Psikolog. Untuk tim mahasiswa yang diketuai oleh Irfan Mustofa dengan anggota yang terdiri dari Adelia Riski Utami, Intan Salsabila, Hilma Maulani, Sumirat Fitriandini, Vamura Ashabil Denisya, Siti Nuraeni, Windi Rahayu, Windi Martinia Gunawan, Tia Sri Nurwahyuni, Sumini, Muhamad Rafly Aji, Anisa Fadilah, Denis Priatna, Lusi Sundari, Syahrul Ramdani, Teguh Muhamad R, Mochammad Rafly Rachman,dan Tasyaa Nur Kadzia N

tangkap layar pemaparan Video edukasi vaksinasi Covid-19 oleh Dokter Rizki
tangkap layar pemaparan Video edukasi vaksinasi Covid-19 oleh Dokter Rizki ()

Pada acara talkshow tersebut terdapat 4 narasumber yaitu Ibu Richa Noprianty, S.Kep., Ners., M PH, Bapak Dr. Aiyi Asnawi, M.Si, Ibu Siti Jundiah, S.Kp.,M.Kep dan Ibu Linda Widyastuti, S.Psi., M.Psi., Psikolog, acara tersebut dihadiri 202 siswa SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya. Pada awal acara dimulai dengan memutar video dari Narasumber Dokter Rizky mengenai pengetahuan terkait vaksinasi Covid-19, dan juga pemaparan video tanggapan vaksin Covid-19 kepada masyarakat yang sudah di Vaksin dan belum di Vaksin. Acara dilanjutkan dengan dialog santai bersama narasumber dari Dosen Universitas Bhakti Kencana dan Kepala Sekolah SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya. Audiens terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya kepada Narasumber dari chat zoom. Untuk melatih pemahaman para siswa tersebut kelompok 43 KKN Tematik melakukan pretest pada awal acara dan postest pada akhir acara. Tidak hanya itu, agar memeriahkan acara juga kelompok 43 KKN Tematik memberikan doorprize dengan syarat harus berani bertanya atau pun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri dan panitia. Adapun hasil dari pretest dan postest menghasilkan data adanya peningkatan pengetahuan siswa mengenai vaksinasi Covid-19, efek samping vaksinasi Covid-19, serta meningkatnya rasa ingin untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19 untuk kalangan remaja.

tangkap layar pemaparan Video wawancara terhadap masyarakat yang sudah divaskin
tangkap layar pemaparan Video wawancara terhadap masyarakat yang sudah divaskin ()
tangkap layar pemaparan Video wawancara terhadap masyarakat yang belum divaskin
tangkap layar pemaparan Video wawancara terhadap masyarakat yang belum divaskin ()
UBK1508f

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved