Saat Alumni Unpar 'Balas Jasa' ke Pedagang di Kampus, Dedi Taufik Sebut Pandemi Perkuat Solidaritas

Kepala Disparbud Pemprov Jabar Dedi Taufik mengatakan semangat kemerdekaan Indonesia ke-76 di masa pandemi Covid-19 jadi momentum kebersamaan.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Mega Nugraha
istimewa
Kadisparbud Jabar, Dedi Taufik, saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi alternatif pembiayaan bagi pelaku industri pariwisata di Bandung pada Selasa 23/11/2020. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov Jabar Dedi Taufik mengatakan semangat kemerdekaan Indonesia ke-76 di masa pandemi Covid-19 jadi momentum memperkuat solidaritas antar sesama. 

Dedi Taufik menghadiri kegiatan bersama Ikatan Alumni Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Selasa (17/8/2021).  

Dalam kegiatan tersebut, Ikatan Alumni Unpar Bandung menyalurkan bantuan sosial berupa uang tunai Rp 1 juta kepada 92 pedagang disekitar kampus yang terdampak Covid-19. 

"Jawa Barat ini center of knowledge. Artinya, banyak alumni yang tergabung dalam berbagai organisasi ikatan alumni dari universitas yang ada. Gerakan seperti ini sangat berarti dan patut diapresiasi. Pemerintah pun selalu terbuka untuk berkolaborasi," ujar Dedi Taufik. 

Baca juga: Kebijakan Terbaru PPKM di Kota Bandung, Ada Pelonggaran untuk Dua Tempat Favorit Warga

Ia menyebut, para pegawainya di Disparbud Jabar turut bergotong royong menyisihkan sebagian penghasilan untuk warga terdampak kebijakan pandemi Covid-19.

"Beberapa waktu lalu juga ASN di Disparbud menyisihkan penghasilannya untuk dibelikan sembako bagi masyarakat di desa-desa Tasikmalaya, Depok, Sukabumi. Intinya semangat berbagi ini harus tetap dijaga, bukan soal nominal besar kecilnya," tambahnya.

Selain dengan Unpar, pihaknya juga menjalin berkoordinasi dengan Ikatan alumni dari berbagai universitas lain agar kegiatan serupa bisa dilakukan secara masif. 

Selain itu, kata dia, Disparbud Jabar juga sempat menjalin kerja sama dengan Ikatan Alumni Unpad saat menggelar acara Ulinpiade dalam rangka melestarikan permainan tradisional. 

"Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang terpukul akibat pandemi. Banyak pula pelaku ekonomi kreatif berjalan lesu. Gerakan sosial seperti ini bisa menjaga optimisme bahwa mereka yang terdampak tidak berdiri sendiri. Program bantuan dari pemerintah juga terus jalan," katanya. 

Ketua IKA Unpar, Ivan P. Sadik menambahkan, gerakan donasi ini sudah dimulai sejak dua pekan lalu dan terkumpul sebanyak Rp 140 juta. 

"Para pedagang ini dulu waktu saya dan teman-teman masih kuliah suka membantu kami kasbon agar kita tetap bisa makan, terutama di akhir bulan. Jadi, sekarang kami yang membantu meringankan mereka yang kondisinya sedang sulit," katanya. 

Gerakan sosial ini dipastikan akan terus berlanjut dengan menyasar berbagai sektor, termasuk para pelaku ekonomi kreatif. Ia pun berkomitmen siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved