Breaking News:

Aturan PPKM Hingga 23 Agustus, Lebih Longgar, Bisa ke Mall dan Makan di Kafe, Ini Syaratnya

Pemerintah resmi memperpanjang PPKM hingga 23 Agustus 2021. Kebijakan PPKM diberlakukan sejak 3 Juli untuk menekan kasus Covid-19 di Indonesia.

Editor: Mega Nugraha
Capture Youtube Sekretariat Presiden
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan umumkan status PPKM, Senin (9/8/2021) 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Pemerintah resmi memperpanjang PPKM hingga 23 Agustus 2021. Kebijakan PPKM diberlakukan sejak 3 Juli untuk menekan kasus Covid-19 di Indonesia.

Dalam aturan terbaru PPKM yang berlaku hingga pekan depan, terdapat sejumlah pelonggaran.

Misalnya, selain mall dan pusat perbelanjaan sudah bisa buka, termasuk mengatur soal batas waktu makan di tempat.

Aturan PPKM itu diatur di Intruksi Mendagri Nomor 34 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3 dan PPKM Level 2 di Jawa dan Bali.

"Restoran/rumah makan, kafe di dalam pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dapat menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 25 persen," demikian bunyi Inmendagri tersebut.

Aturan itu berlaku di daerah dengan status PPKM Level 4 yang terdiri dari dari DKI Jakarta, Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cimahi.

Baca juga: Tiga Menit Para Pengendara di Bandung Berhenti, Dengarkan Indonesia Raya, Teriak Merdeka!

Kemudian, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Bangkalan.

Selain kapasitas maksimal 25 persen, pemerintah juga mengatur bahwa satu meja hanya dapat diisi maksimal oleh dua orang, waktu makan pun dibatasi maksimal 30 menit.

Pemerintah juga melonggarkan kegiatan di pusat perbelanjaan atau mall dengan mengizinkan beroperasi 50 persen pada pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB dengan protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan.

Aplikasi Peduli Lindungi wajib digunakan unutk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan terkait.

Namun, penduduk dengan usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki pusat perbelanjaan. Bioskop, tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan juga masih ditutup. Ketentuan serupa juga berlaku di daerah-daerah dengan PPKM Level 3.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aturan PPKM Level 4, Bisa Makan di Mal dengan Waktu Maksimal 30 Menit", Klik untuk baca:

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved