Breaking News:

Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Bantu Sejahterakan Petani, Berikan Pelatihan Wira Usaha

Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) membantu kesejahteraan petani salah satunya dengan menggelar pelatihan wirausaha pertanian

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Siti Fatimah
tribunjabar/mega nugraha
Ilustrasi Petani tembakau 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Program pelatihan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bandung, khususnya petani.

Menurut Penasihat Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Bandung, Alo Sobirin, adanya program pelatihan keahlian tersebut, memiliki manfaat sangat besar.

"Manfaatnya sangat besar itu kami rasakan sekali. Salah satunya yakni peningkatan kualitas SDM," ujar Alo, Senin (9/8/2021).

Apalagi, kata Alo, pelatihan keahliannya, sampai ada pelatihan wira usaha pertanian.

"Banyak yang berhasil setelah punya keahlian, mereka punya usaha mandiri," ujar Alo.

Peningkatan kapasitas petani melalui program DBHCHT di Kabupaten Bandung bukan diberikan kepada petani tembakau saja, namun kepada petani komoditas lainnya.

Pelatihan peningkatan kapasitas petani melalui program DBHCHT digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung.

Berbagai pelatihan digelar diantaranya, keahlian menjahit, bengkel las, montir sepeda motor, servis elektronik, servis telepon selular dan lainnya.

Para peserta pelatihan ini, tidak mesti petani tembakau saja, melainkan bisa juga diikuti oleh anggota keluarga lainnya dari petani tembakau itu. Bahkan, peserta pelatihan ini juga bisa dikuti oleh warga lainnya yang berada disekitar perkebunan tembakau.

"Banyak yang berhasil, walaupun tidak memiliki ijazah formal. Tapi peserta pelatihan mendapat sertifikat keahlian yang berguna untuk bekerja di perusahaan, misalnya lulusan pelatihan menjahit, bisa bekerja di garmen berbekal sertifikat keahlian," ucapnya. (ADV)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved