Hasil Survei

Ganjar Pranowo Jadi Presiden Jika Pilpres Hari Ini, Ridwan Kamil di Bawah Anies, Puan Cuma Nol Koma

Jika pemilihan presiden (Pilpres) dilakukan hari ini, maka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan memenangkan pertarungan. Ridwan Kamil keempat.

Editor: Kisdiantoro
Tribunnews.com/Kolase
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan hari ini, maka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan memenangkan pertarungan.

Dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Charta Politika menyebutkan Ganjar Pranowo mendapatkan angka tertinggi sebanyak 16,2 persen.

Prabowo Subianto yang sudah beberapa kali ikut dalam pemilihan presiden berada di urutan kedua, 14,8 persen.

Berapa elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil? Dia masih berada di bawah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 5,4 persen responden.

Simulasi pemilihan presiden dengan 36 nama, sosok Puan Maharani, Ketua DPR RI yang juga putri kandung Ketua Umum PDIP Megawati, hanya memperoleh 0,7 persen responden.

Baca juga: Tak Ada Intruksi, PDIP Kabupaten Sukabumi Pampang Baliho Puan Maharani, Ketua DPC; Pasang Dosa Tidak

Puan Maharani belakangan memasang banyak baliho berukuran besar yang oleh pengamat politik dinilai sebagai usaha mengatrol popularitas, elektabilitasnya masih kalah dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) anak Presiden SBY, dengan 3,9 persen.

Dalam survei itu, Lembaga Survei Charta Politika memberikan pertanyaan spesifik kepada para responden, “Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut ini?”.

“Dari banyak sekali nama yang kita uji ini, pola pertama dipimpin oleh Ganjar Pranowo dengan 16,2 persen, kedua Prabowo Subianto dengan 14,8 persen, yang ketiga Anies Baswedan dengan 14,6 persen,” kata Yunarto dalam konferensi pers, Kamis (12/8/2021).

Lebih lanjut, Yunarto juga menanyakan perihal elektabilitas dengan simulasi 10 nama.

Hasil survei memaparkan nama Ganjar Pranowo mendapat angka 20,6 persen, Anies Baswedan 17,8 persen, dan Prabowo Subianto 17,5 persen.

Selanjutnya, Yunarto mempersempit dengan simulasi 5 nama. Hasilnya nama Ganjar Pranowo kembali mendapat angka tertinggi dengan 23,3 persen.

Kemudian diikuti dengan Anies Baswedan yang mendapat angka 19,8 persen dan Prabowo Subianto dengan angka 19,6 persen. Survei ini dilakukan pada periode 12 – 20 Juli 2021 kepada 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dan memiliki margin of error sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: Baliho Raksasa Puan Maharani di Kota Bandung Sampai Dipasang di 4 Titik, Ini Isi Pesannya

Berikut ini hasil survei Charta Politika terkait elektabilitas:

Halaman
1234
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved