Breaking News:

Pemberlakuan Ganjil Genap

Penerapan Ganjil Genap di Kota Bandung Selama 3 Hari Dinilai Pengamat Transportasi Kurang Efektif

Pengamat menilai pemberlakuan ganjil genap di Kota Bandung selama tiga hari kurang efektif.

Penulis: Cipta Permana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Kendaraan bernomor polisi genap diarahkan ke ruas jalan lain saat uji coba pemberlakulan ganjil-genap di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (13/8/2021). 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemberlakuan aturan kebijakan sistem ganjil-genap bagi kendaraan pribadi, sebagai tindaklanjut penerapan PPKM Level 4 di dua ruas jalan di wilayah Kota Bandung, akan dimulai pada Sabtu (14/8/2021) hingga 16 Agustus mendatang.

Penerapan kebijakan tersebut mengacu pada surat keputusan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Nomor TU.01.02/2778-Dishub/VIII-2021.

Aturan Ganjil genap akan dilakukan pagi hari pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB dan sore hari pukul 16.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Menanggapi hal tersebut, Pengamatan Transportasi ITB, R Sony Sulaksono Wibowo menilai, upaya penerapan aturan ganjil-genap bagi kendaraan pribadi sebagai upaya pembatasan mobilitas masyarakat tersebut kurang etektif.

Karena pembatasan mobilitas idealnya dilakukan di sumber penyebab aktivitas kegiatan masyarakat.

"Kalau aturan ini (ganjil-genap) tujuannya sebagai upaya pembatasan mobilitas tentu kurang efektif, karena idealnya di sumber penyebab aktivitas, bukan di jalan. Tapi Kalau sebagai bagian dari manajemen lalu lintas mungkin masih bisa," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunjabar.id, Jumat (13/8/2021).

Menurutnya, melihat perbandingan durasi masa pemberlakuan aturan ganjil-genap yang relatif singkat, dengan masa PPKM Level 4, maka upaya ini lebih bersifat edukasi  terkait pengurangan mobilitas bagi masyarakat.

"Kalau dilihat dari lama harinya, yang hanya tiga hari dan dikaitkan dengan masa PPKM Level 4, maka kebijakan ini lebih kepada edukasi ke masyarakat untuk mengurangi frekuensi mobilitas masyarakat, belum akan diterapkan secara permanen," ucapnya.

Kadishub Bandung, M Ricky Gustiadi mengatakan pemberlakuan ganjil genap di Kota Bandung akan dilakukan di simpang Tamblong-Asia Afrika hingga simpang Asia Afrika-Otista dan Jalan Ir H Juanda dari Simpang Dago-Cikapayang hingga Simpang Dago.

"Kami berlakukan mulai hari ini sampai tanggal 16 (Agustus). Nanti kebijakan ini akan dievaluasi kembali untuk pemberlakuan ganjil genap," ujarnya kepada wartawan, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Pemberlakuan Ganjil Genap di Bandung, Berikut Kendaraan yang Masih Bisa Melintas, Termasuk Ojol?

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved