Breaking News:

Cibiru yang Jadi Perbatasan Kota Bandung Sering Kerepotan Terapkan PPKM Lantaran Ada 9 Jalan Tikus

Wilayah perbatasan Kota Bandung sering kesulitan dalam menerapkan PPKM darurat. Pasalnya, tidak semua wilayah yang berbatasan dengan Kota Bandung

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/SHANIA SEPTIANA
ILUSTRASI Kemacetan di Jalan Raya Cibiru-Cinunuk menuju Bundaran Cibiru, Kota Bandung, Kamis (15/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar , Tiah SM

TRIBUNJABAR. ID,  BANDUNG - Wilayah perbatasan Kota Bandung sering kesulitan dalam menerapkan PPKM darurat. Pasalnya, tidak semua wilayah yang berbatasan dengan Kota Bandung memberlakukan aturan seketat di Kota Bandung.

Camat Cibiru, Didin Dikaryuana,  wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung sehingga banyak warga kabupaten yang masuk ke Kota Bandung melalui jalan alternatif alias jalan tikus.

“Warga kabupaten masuk ke Kota Bandung lewat Cibiru, ada 9 jalan tikus yang dilalui sampai-sampai macet,” ujar Didin di Balai Kota, Kamis (12/8).

Didin mengatakan, kesembilan pintu masuk di Cibiru ini merupakan titik lemah bagi wilayahnya, karena sangat sulilt untuk diawasi.

Menurut  Didi, pihaknya terus berupaya untuk tetap menerapkan PPKM dengan  melakukan patroli, penggunaan masker dan patroli ke café-café tempat nongkrong anak muda.

“Hasilnya, angka positif aktif di Kecamatan Cibiru  melandai, kami pernah mencapai sekitar 405 kasus, sekarang tinggal 123 kasus. PPKM di Cibiru berhasil sekitar 70%,” ujar Didin.

Ada hal berbeda yang diterapkan di Camat Cibiru, yaitu ruang isolasi yang biasa digunakan untuk mereka yang terpapar Covid, di Cibiru malah digunakan untuk anggota keluarga yang sehat. 

“Jadi, kalau ada satu anggota keluarga yang sakit, anggota keluarga yang sehat kami ungsikan ke tempat isolasi mandiri. Ini relatif lebih aman," ujarnya.

Sementara, pengawasan untuk perayaan peringatan HUT RI ke 76, Didin mengatakan pihaknya sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada warga untuk tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved