Breaking News:

Aturan Sertifikat Vaksin Sudah Diberlakukan untuk Penumpang di Bandara Husein dan Stasiun Bandung

Calon penumpang pesawat dan kereta api yang akan bepergian dari Bandung harus menyertakan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai dokumen syarat.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Giri
Tribun Jabar/ Cipta Permana
Suasana pintu kedatangan domestik dan internasional di Bandara Internasional Husein Sastranegara. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Calon penumpang pesawat dan kereta api yang akan bepergian dari Bandung harus menyertakan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai dokumen syarat perjalanan pada masa PPKM level 3 dan 4, mulai 11 Agustus 2021.

Kebijakan tersebut, ditetapkan dalam SE Kemenhub Nomor 62 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Serta, SE Kemenhub No.63 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19

Keduanya merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri)  Nomor 30, 31, dan 32 Tahun 2021 dan SE Satgas Nomor 17 dan 18 tahun 2021.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Bandung, R Iwan Winaya Mahdar, mengatakan, penerapan aturan tersebut telah berlakukan di Bandara Husein Sastranegara Bandung, sejak kemarin.

"Merujuk surat edaran itu, penerbangan dari atau menuju bandara di Pulau Jawa dan Bali, serta daerah yang masuk kategori PPKM level 4 dan level 3, wajib menunjukkan kartu vaksin. Minimal telah mengikuti vaksinasi dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan," ujarnya, Kamis (12/8/2021).

Sedangkan penerbangan antarbandara di Pulau Jawa dan Pulau Bali, calon penumpang pesawat wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

"Penumpang juga wajib menunjukkan surat keterangan telah mengikuti vaksinasi hingga dua dosis," ucap Iwan.

Penerapan aturan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat wajib bagi pelaku perjalanan pun diterapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Calon penumpang KA di Stasiun Bandung, Rabu (29/5/2019).
Calon penumpang KA di Stasiun Bandung, Rabu (29/5/2019). (Tribun Jabar/Siti Fatimah)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved