Breaking News:

Aturan Ganjil Genap di Kota Cirebon Berlaku Bagi Mobil dan Sepeda Motor, Kecuali Jenis Kendaraan Ini

Kapolres Cirebon Kota Imron mengakui jenis kendaraan tertentu bebas dari aturan tersebut atau tetap bisa melintas setiap saat.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sistem ganjil genap bakal diberlakukan di Kota Cirebon mulai awal pekan depan, tepatnya Senin (16/8/2021).

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan, mengatakan, kebijakan itu bertujuan menekan mobilitas warga selama PPKM Level 4 yang kini masih diberlakukan di Kota Cirebon.

Menurut dia, sistem ganjil genap setiap harinya diberlakukan dari pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB.

"Kebijakan ini berlaku bagi seluruh mobil dan sepeda motor yang melintasi delapan ruas jalan protokol," kata Imron Ermawan saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Kamis (12/8/2021).

Namun, Imron mengakui jenis kendaraan tertentu bebas dari aturan tersebut atau tetap bisa melintas setiap saat.

Di antaranya, kendaraan bertanda khusus yang membawa disabilitas, ambulans, kendaraan pemadam kebakaran, dan pertolongan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, sistem ganjil genap juga tidak berlaku bagi kendaran angkutan khusus barang, kendaraan pengangkut BBM dan BBG, angkutan kebutuhan pangan, serta kendaraan pengangkut uang.

Baca juga: Besok Berlaku Sistem Ganjil Genap di 8 Ruas Jalan di Cirebon, Simak Aturan dan Waktu Berlakunya

Bahkan, angkutan umum berpelat nomor kuning, angkutan daring atau ojek online baik roda dua maupun roda empat menjadi kategori kendaraan yang dikecualikan dalam sistem ganjil genap.

Ia mengatakan, kendaraan pelat merah, TNI dan Polri, kendaraan untuk kepentingan tertentu, pengawalan, serta disesuaikan dengan diskresi dari petugas kepolisian juga termasuk kategori dikecualikan.

"Kendaraan pekerja pers juga termasuk jenis yang dikecualikan, tinggal menunjukkan kartu persnya kepada petugas di lapangan," ujar Imron Ermawan.

Pihaknya berharap, sistem ganjil genap itu dapat mengurangi mobilitas warga selama masa PPKM Level 4 yang kini masih diberlakukan di Kota Udang.

Baca juga: Pengendara Bernomor Ganjil Disarankan Cari Jalan Alternatif, Catat Jadwalnya Berlaku Pagi dan Sore

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved