Breaking News:

Sejarah Sumedang

Rumah Asri di Sumedang Ini Mencuri Perhatian, Punya Ciri Khas Bangunan Karya Soekarno, Ini Cirinya

Ini rumah asri di Sumedang yang punya ciri khas dengan bangunan karya Soekarno.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Bubungan atap rumah di Jalan Kebon Kol, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat ada ornamen menyerupai palu gada. Ornamen gada disebut-sebut sebagai ciri khas bangunan yang diarsiteki Soekarno. 

Laporan Kontributor Tribun Jabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Jika Anda akrab dengan arsitektur Ir Soekarno dan kebetulan melintas di Jalan Kebon Kol, Sumedang, Jawa Barat, Anda pasti akan mengarahkan mata, melirik sebuah atap rumah di belakang pom bensin mini. 

Jauh sebelum menjadi presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno memang pernah berprofesi sebagai arsitek, seusai menyelesaikan kuliah di Technische Hoogeschool te Bandoeng atau Institut Teknologi Bandung (ITB) sekarang. 

Rumah di Jalan Kebon Kol, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan itu menarik perhatian karena pada bubungan atapnya ada ornamen menyerupai palu gada. 

Ornamen palu gada disebut-sebut sebagai ciri khas bangunan yang diarsiteki Soekarno. Ciri lainnya adalah bentuk atap limas dan penggunaan kaca patri. 

TribunJabar.id menayangkan berita tentang bangunan-bangunan yang diarsiteki Soekarno pada 7 Agustus 2017. 

Berita berjudul "Begini Ciri Khas Bangunan Karya Presiden Soekarno di Kota Bandung" itu mengutip Haryoto Kunto bahwa ciri khas arsitektur bikinan Bung Karno adalah atap limas dan ornamen gada di puncak atap. 

Namun, Mumuh Mutia (56), pemilik rumah di Jalan Kebon Kol, Sumedang, mengaku tak tahu soal siapa yang membuat arsitektur rumah itu, meski ia sendiri dilahirkan di tempat tersebut.

"Rumah yang membuat saya sangat betah untuk tinggal di sini ini, saya sendiri tak tahu apakah ini arsiteknya Bung Karno atau bukan," kata Mumuh sambil duduk di bangku jalinan rotan kuno namun terawat di teras rumahnya, Senin (9/8/2021). 

Mumuh mengatakan, setahu dia, rumah itu pertama kali dimiliki oleh buyutnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved