Ingin Ibadah Umrah? Berikut Aturan Terbaru Arab Saudi, Kapasitas Hanya 2 Juta Jemaah Per Bulan

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan akan meningkatkan kapasitas jemaah umrah hingga 2 juta per bulan

Editor: Siti Fatimah
AFP
ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 yang masih melanda di sejumlah negara membuat Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan aturan khusus bagi jemaah yang akan melakukan ibadah umrah.

Terkait aturan ibadah umrah tersebut, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan akan meningkatkan kapasitas jemaah umrah hingga 2 juta per bulan, mulai 9 Agustus 2021. 

Jumlah jemaah umrah yang mencapai 2 juta tersebut melonjak dari sebelumnya yang hanya 60.000 jemaah selama pandemi Covid-19

Kebijakan penambahan kapasitas jemaah umrah tersebut diumumkan melalui Saudi Press Agency (SPA) pada Minggu (8/8/2021). 

 Penerimaan jemaah umrah terbuka bagi warga dan penduduk mukim, serta secara bertahap membuka perjalanan umrah bagi jemaah yang berasal dari sejumlah negara di dunia. 

Syarat jemaah umrah 
 

Dikutip dari situs SPA, para jemaah nantinya harus memenuhi syarat berupa dikeluarkannya izin untuk umrah yang dikeluarkan melalui aplikasi Etamarna dan Tawakalna.

Izin yang dikeluarkan melalui aplikasi tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan termasuk untuk menaiki bus. 

Untuk menaiki bus, penumpang bus nantinya juga akan dipastikan tak melebihi 50 persen dari kapasitas, agar orang-orang bisa menjaga jarak, serta alat sterilisasi tersedia. 

Wakil Menteri Haji dan Umrah, Dr Abdulfattah bin Sulaiman Mashat menyampaikan bahwa Kementerian Haji dan Umrah telah berkoordinasi dengan otoritas berwenang guna menentukan asal dan jumlah jamaah umrah

Mashat juga menjelaskan soal protokol bagi Jemaah umrah dari dalam Arab Saudi yaitu diharuskan melakukan vaksinasi yang dapat dibuktikan dalam aplikasi Tawakalna. 

Ketentuan aturan vaksinasi jemaah umrah

Sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19 Sudah divaksin dosis pertama dengan jarak 14 hari dari saat ia vaksin Orang yang sudah divaksin kemudian terinfeksi dan sudah pulih. 

Adapun bagi Jemaah yang berasal dari luar Arab Saudi maka harus disyaratkan: 

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved