Masuk Program Nasional, RSUD Palabuhanratu Jadi Pusat Rujukan Pasien Thalasemia di Sukabumi

RSUD Palabuhanratu jadi satu-satunya RS yang jadi program nasional di Kabupaten Sukabumi, Jabar, sebagai rujukan laboratorium deteksi dini Thalasemia

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/M RIZAL JALALUDIN
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. R. Nina Susana Dewi, meninjau Lab Uji Klinis Thalasemia di RSUD Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - RSUD Palabuhanratu jadi satu-satunya RS yang jadi program nasional di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sebagai rujukan laboratorium deteksi dini Thalasemia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. R. Nina Susana Dewi, secara langsung menandatangani perjanjian kerjasama dan peninjauan Lab Uji Klinis Thalasemia, Jumat (6/8/2021).

"Saya sebagai kepala dinas kesehatan jabar, baru sebulan dilantik, tentu saya harus melihat kelapangan, kebetulan ada satu perjanjian dengan RS Palabuhanratu karena ini ditunjuk oleh Dinkes Jabar untuk menjadi salah satu laboratorium untuk mendeteksi dini penyakit Thalasemia, itu program nasional yang harus kita sukseskan sehingga kami datang kesini untuk penandatanganan TKS," kata Nina seusai melakukan peninjauan.

Baca juga: Bantu Petani Kebonpedes, Pemuda Tani Sukabumi Bagikan 1 Ton Caisim Cuma-cuma pada Warga

"Jadi kita akan memeriksa pasien-pasien yang Thalasemi di sini ada 120, nah nanti laboratoriumnya dilaporkan ke Kementerian Kesehatan, hubungannya dengan pemeriksaan laboratorium ada beberapa parameter yang harus kita lakukan terhadap oramg orang yang penyakit thalasemi," jelasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Palabuhanratu, Damayanti mengatakan, untuk menunjang kesiapan sudah datang sejumlah alat pemeriksaan Thalasemia.

"Kalau kesiapan, kita sudah berkordinasi dengan intalasi laboratorium dan memang kemarin sudah datang alat untuk pemeriksaan thalasemia, dan mungkin nanti kesiapan dari temen-temen unit thalasemia, insya allah kita harus sukseskan ini, karena ini program nasional, harus kita sukseskan," jelasnya. (*)

Baca juga: Tawuran Pelajar di Sukabumi, Dua Korban dari Sekolah yang Sama, Begini Tanggapan Pihak Sekolah

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved