Stok Vaksin di Subang Masih Kosong

Target Vaksinasi 14.000 Orang Sulit Terealisasi, Stok Vaksin Covid-19 di Subang Kosong

Stok vaksin di Subang masih kosong, target 14.000 orang perhari divaksin nampaknya masih sulit tercapai.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Siti Fatimah
nikkei
Ilustrasi vaksin anti-corona 

TIBUNJABAR.ID, SUBANG - Stok vaksin di Subang masih kosong, target 14.000 orang perhari divaksin nampaknya masih sulit tercapai. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Maxi mengatakan sebelumnya stok vaksin dijadwalkan tiba di Subang pada 2 Agustus 2021, namun ternyata stok vaksin sinovac yang diminta belum ada.

"Saya kemarin sempat komunikasi sama orang Provinsi, ternyata stok sinovac itu belum ada, adanya yang astra zeneca," ujar Maxi ketika ditemui Tribun di Kantor Dinas Kesehatan Jalan Letjen Soeprapto Kabupaten Subang, Rabu (4/8/2021).

Maxi mengatakan stok vaksin sinovac dibutuhkan untuk vaksinasi dosis kedua, karena setiap orang yang divaksin dosis pertama dan kedua harus menggunakan jenis vaksin yang sama.

Baca juga: Daerah Ini Krisis Stok Vaksin Covid-19, Butuh Ratusan Tapi Di Gudang Dinkes Hanya Tersisa 5 Vial

"Sebelumnya kita memperkirakan tanggak 2 kemarin, cuma katanya hanya ada yang astra zeneca, tapi gapapa mungkin bisa dipakai untuk yang dosis pertama saja, kalau masyarakat yang akan vaksin dosis kedua tetap harus pakai sinovac karena pas vaksin pertama mereka sinovac," kata dia.

Kendati demikian, stok vaksin astra zeneca yang ditawarkan dari Provinsi pun belum juga tiba di Subang.

"Kami masih menunggu stok dari Provinsi, sementara masyarakat yang ingin vaksin dosis pertama juga masih bisa pakai stok vaksin Kodim dan Polres, tapi itupun hanya untuk dosis pertama saja," imbuhnya.

Seperti diketahui, masyarakat yang ingin divaksin bisa melakukan vaksinasi di gerai khusus yang tersedia di Mapolres Subang, Klinik Polres Subang, serta Klinik Makodim 0605 Subang.

Baca juga: Sudah Divaksin Corona? Jangan Lupa Ambil Sertifikatnya, Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19

"Jika stok nya sudah tiba di Subang saya pastikan semua akan terdistribusi langsung ke Puskesmas agar masyarakat bisa cepat divaksin, sementara ini masyarakat yang sama sekali belum divaksin silahkan datang ke Polres atau Kodim dulu untuk vaksinasidosis pertama," kata Maxi.

Lebih lanjut ia mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan ketat serta mematuhi aturan PPKM level 4 yang kini tengah berlangsung di Subang.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved