Tak Pakai Masker Saat Pesta, Wakil Bupati Ini Dihukum Bersih-bersih Fasilitas Umum

Ardito Wijaya tidak menggunakan masker saat berjoget dan bernyanyi di sebuah pesta pernikahan di Kecamatan Way

Tribunnews.com
Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya akhirnya meminta maaf setelah ia tertangkap kamera melakukan aksi joget tanpa masker. 

TRIBUNJABAR.ID, LAMPUNG- Pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya, berujung hukuman membersihkan fasilitas umum.

Ardito tidak menggunakan masker saat berjoget dan bernyanyi di sebuah pesta pernikahan di Kecamatan Way Pengubuan pada 26 Juni 2021. Ardito Wijaya tidak menjaga jarak saat berada di atas panggung.

Pelanggaran Wakil Bupati Lampung Tengah tersebut terekam kamera hingga videonya tersebar.

Alhasil, Ardito Wijaya mendapat hukuman yang diputuskan hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Gunung Sugih, Aristian Akbar, di PN Gunung Sugih, Jumat (30/7/2021).

Di laman SIPP PN Gunung Sugih, tertera perkara Ardito Wijaya tersebut bernomor register 8/Pid.C/2021/PN Gns.

Baca juga: VIRAL Wakil Bupati Lampung Tengah Berjoget Tanpa Masker, Begini Tanggapannya

Hakim menyatakan Ardito bersalah melanggar Pasal 99 Peraturan Daerah (Perda) Lampung Tengah Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Terdakwa dr Ardito Wijaya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar kewajiban menggunakan masker," kata hakim dalam amar putusan Aristian, dikutip dari SIPP PN Gunung Sugih.

Akibat pelanggarannya itu, Ardito Wijaya disanksi administratif berupa kerja sosial, membersihkan fasilitas umum di daerah Kecamatan Way Pengubuan, Kabupaten Lampung Tengah.

Ardito juga dibebankan membayar biaya perkara sebesar Rp 2.000.

Dalam persidangan, Ardito menerima dua dakwaan, yakni Pasal 94 Perda Lampung Tengah Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada dakwaan kesatu.

Kemudian, Pasal 99 Perda Lampung Tengah Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada dakwaan kedua.

Baca juga: Satgas Covid-19 Garut Berlakukan 8 Titik Kawasan Patuh Protokol Kesehatan

Dalam persidangan, Ardito Wijaya mengakui kesalahannya tidak memakai masker dalam acara resepsi pernikahan.

Saksi dalam sidang, Mansur (pemilik hajatan) dan Suripto, melihat langsung Ardito tidak menggunakan masker saat berjoget dan bernyanyi itu.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved