Breaking News:

Victor Axelsen Hentikan Dominasi China di Olimpiade, 25 tahun Penantian, Medali Emas Diraih Denmark

Setelah penantian panjang selama 25 tahun, medali emas bulutangkis olimpiade tunggal putra akhirnya mendarat di Denmark.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Mega Nugraha
Pedro PARDO / AFP
Pebulu tangkis Denmark Viktor Axelsen melakukan selebrasi usai mengalahkan petenis Guatemala Kevin Cordon dalam pertandingan semifinal bulu tangkis tunggal putra pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 1 Agustus 2021. (Pedro PARDO / AFP) 

TRIBUNJABAR.ID,TOKYO- Setelah penantian panjang selama 25 tahun, medali emas bulutangkis olimpiade tunggal putra akhirnya mendarat di Denmark.

Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Victor Axelsen berhasil meraih medali emas bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 setelah menumbangkan Chen Long di final dengan dua set langsung 21-15 dan 21-12.

Denmark terakhir kali meraih medali emas pada Olimpiade 1996 lewat Poul Erik Hoyer Larsen.

Kemenangan Victor Axelsen dan merebut medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 sekaligus menghentikan dominasi China dalam perolehan medali emas. Pasalnya, tiga olimpiade ke belakang, medali emas selalu diraih China.

Medali emas bulutangkis putra olimpiade direbut oleh Ji Xinpeng pada olimpiade 2000, Taufik Hidayat pada olimpiade 2004.

Baca juga: Kalah dari Anthony Ginting, Kevin Cordon Catat Rekor Terbaik di Olimpiade Tapi Gagal Raih Perunggu

Kemudian olimpiade 2008 dan 2012 direbut oleh Lin Dan dari China dan 2016 direbut oleh Chen Long.

Setelah menjungkalkan Cheng Long, Victor Axelsen langsung selebrasi. Dia tidak bisa menahan tangis harusnya bisa meraih medali emas. Pada Olimpiade sebelumnya, Victor meraih medali perunggu.

"Saya tidak percaya. Ini sangat gila. Ini adalah mimpi masa kecil. Saya masih ingat, saat saya masih kecil, berlarian dan berkata pada diri sendiri ini adalah final olimpiade. Sekarang saya telah melakukannya," kata Victor dikutip dari DR TV.

Baginya, menjuarai Olimpiade Tokyo 2020 dengan menyabet medali emas adalah capaian terbaik.

"Ini adalah pencapaian terbesar yang bisa Anda raih sebagai pemain bulutangkis," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved