Breaking News:

Permen Inovasi Karya Mahasiswa Unpad Ini Bisa Bantu Turunkan Kecanduan Rokok, Dari Bahan Alami

Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran berupaya untuk ikut menurunkan angka kecanduan rokok di Indonesia dengan membuat inovasi permen

Editor: Siti Fatimah
dok.unpad
Permen karya inovasi mahasiswa Unpad untuk membantu mengatasi kecanduan rokok 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bahaya sudah kerap digaungkan bahkan pada kemasan rokok juga dicantumkan bahaya dari merokok. Karena itu tidak sedikit dari para perokok yang ingin berhenti dari kebiasaannya.

Namun masih saja ada mereka yang mengaku gagal berhenti dari kebiasaan merokok dengan berbagai alasan.

Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran berupaya untuk ikut menurunkan angka kecanduan rokok di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Unpad, upaya yang dilakukan bukan dalam bentuk kampanye, tetapi menghasilkan inovasi permen/lozenges yang mampu menurunkan kecanduan merokok bagi pemakannya.

Baca juga: Ahli Unpad Jelaskan Kenapa Mutasi Virus Bisa Jadi Lebih Bahaya, Seperti Virus Corona Varian Delta

Mahasiswa tersebut yaitu Rifky Adhia Pratama (Kimia), Tiara Zahra Shafira (Akuntansi), Endang Juliansyah (Kimia), Iis Kurniasih (Kimia), dan Kevin Reza Reynantha (Administrasi Bisnis) serta dosen pembimbing Rani Maharani, M.Si., PhD. Tim berhasil membuat permen yang memiliki kandungan cytisine, atau senyawa bahan alam yang bisa menurunkan kecanduan nikotin pada perokok.

Saat diwawancarai Kantor Komunikasi Publik Unpad, Rifky menjelaskan, inovasi ini didasarkan atas hasil penelusuran tim yang menemukan bahwa angka prevalensi merokok Indonesia menempati peringkat ketujuh di dunia dengan persentase tingkat merokoknya sebesar 39,90 persen.

“Tentu prevalensi merokok yang tinggi menimbulkan efek negatif bagi Indonesia. Beberapa tahun terakhir, kasus kematian akibat rokok sangat tinggi di Indonesia,” kata Rifky.

Tim pun berupaya menemukan solusi guna menurunkan angka kematian akibat merokok di Indonesia.

Salah satunya dengan mencari senyawa alami yang mampu menurunkan kecanduan nikotin di otak.

Baca juga: Unpad-ITB Tawarkan Kuliah Bersama, Berminat? Ini Ketentuannya

Dari hasil penelusuran, ditemukan senyawa alami cytisine yang memiliki kemampuan bioaktivitas untuk mencegah terikatnya nikotin ke reseptor yang ada di otak.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved