Breaking News:

Tunggul Pohon Jati Keramat di Indramayu, Kayunya Digunakan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Di Desa Jatisawit Lor Kecamatan Jatisawit Kabupaten Indramayu terdapat sebuah tunggul pohon jati raksasa yang dikeramatkan.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Handhika Rahman
Lokasi tunggul pohon jati keramat yang jadi cikal bakal pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon di Desa Jatisawit Lor, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Minggu (1/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman 

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Di Desa Jatisawit Lor Kecamatan Jatisawit Kabupaten Indramayu terdapat sebuah tunggul pohon jati raksasa yang dikeramatkan.

Konon, tunggul pohon jati tersebut merupakan salah satu material yang digunakan dalam pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Cerita tersebut pun terus melegenda dan kini lokasi tempat tunggul pohon itu banyak didatangi peziarah yang datang dari dalam maupun luar Kabupaten Indramayu.

Menurut juru kunci, Casmana (64), mengatakan, karena dianggap keramat, pemerintah desa setempat pun membangun sebuah bangunan untuk melindungi tunggul pohon jati tersebut.

Baca juga: Pantai Balongan Indah Indramayu Merugi Sampai Rp 50 Juta Selama PPKM, APPI Berharap Adanya Stimulus

"Banyak peziarah ke sini untuk berdoa," ujar dia kepada Tribun Jabar, Minggu (1/8/2021).

Diceritakan Casmana, tunggul pohon jati ini pun selain menjadi cikal bakal pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa, juga menjadi cikal bakal desa setempat. 

Penamaan Desa Jatisawit Lor sendiri diketahui berasal dari pohon jati tersebut.

Lanjut Casmana, kisah itu berawal saat seorang tokoh dari Cirebon bernama Nyi Purwa yang diperintahkan membangun sebuah perkampungan di Kabupaten Indramayu.

Ia pun menemukan lokasi di mana tempat tersebut terdapat sebuah pohon jati raksasa. Uniknya, di lokasi itu tidak ada lagi pohon jati, pohon jati raksasa tersebut menjadi satu-satunya pohon yang tumbuh di lokasi setempat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved