Breaking News:

Persib Bandung

Rencana Liga 1 2021 Mulai 20 Agutus, Tim Belum Latihan Bersama, Robert; Persiapan Pemain Kurang

Robert Alberts menilai waktu persiapan 2 pekan untuk menuju kompetisi yang panjang dan ketat tidak ideal

Penulis: Ferdyan Adhy Nugraha | Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG  - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 2 Agustus 2021, membuat sejumlah klub yang berada di Pulau Jawa dan Bali tidak bisa menggelar latihan.

Jika PPKM berakhir 2 Agustus, maka pemain hanya memiliki waktu kurang lebih dua pekan untuk melakukan persiapan Liga 1 yang rencananya bergulir 20 Agustus.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menilai waktu persiapan untuk menuju kompetisi yang panjang dan ketat tidak ideal.

Baca juga: Kick Off Persib Bandung di Liga 1 Indonesia 20 Agustus 2021, Apa Kata Robert Alberts?

"Jadi apa artinya, tim hanya memiliki dua pekan untuk bersiap menjalani laga resmi," ujar Robert saat dihubungi awak media, Jumat (30/7).

Sejak Piala Wali Kota Solo dibatalkan akhir Juni lalu, Persib dikatakan Robert hanya berlatih satu kali secara bersama-sama.

Setelah pemerintah memutuskan untuk melaksanakan PPKM Darurat di awal Juli, para pemain otomatis hanya bisa melakukan latihan secara mandiri

"Jadi kami belum berlatih bersama selama sekitar satu bulan," ucapnya.

Baca juga: Hari Ini, Mengenang Putaran Pertama Liga Indonesia, Gol Pemain Ini Antar Persib Bandung Juara

Menurut Robert, siapapun yang berkecimpung di olahraga profesional akan menyebut mustahil pemain bisa siap bermain dalam sebuah kompetisi yang memainkan 34 pertandingan.

"Seprti yang terjadi banyak negara termasuk Eropa, biasanya pemain akan mendapat libur enam pekan setelah mereka menjalani satu musim kompetisi," ucapnya.

"Sebelum berlatih bersama tim, pemain-pemain itu akan berlatih lebih dulu secara individual untuk mempersiapkan diri sementara klub memiliki waktu enam pekan untuk mempersiapkan diri menghadapi musim baru," katanya.

Baca juga: Curhat Nick Kuipers tentang Persib Bandung, Liga 1, dan Sepak Bola Indonesia

Pelatih asal Belanda itu menambahkan, sangat tidak bijak jika PSSI maupun PT LIB memaksakan Liga 1 dimulai pada 20 Agustus.

Sementara para pemain lanjut dia, tidak diberikan kesempatan untuk menjaga kebugaran dan klub hanya memiliki waktu sangat singkat melakukan persiapan.

"Sebagai tim profesional, kami membutuh sedikitnya empat pekan untuk memenuhi standar, tapi ini pun kita berbicara soal liga yang normal. Kami siap mengikuti kompetisi, tapi kami tidak siap dalam artian menjalani kompetisi yang digelar pada umumnya. Jadi situasinya memang sedikit rumit tapi kami ingin kembali bermain sepak bola lagi," ucapnya.

"Jika anda berbicara dgn pelatih mana pun, hasilnya akan sama. Kita tidak bisa mempersiapkan tim dalam 2 pekan untuk menjalani laga kompetitif," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved