Breaking News:

Penuhi Hak Anak dengan Klaster Ini Jadikan Purwakarta Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Kabupaten Purwakarta mendapatkan penghargaan Kabupaten dan Kota Layak Anak (KLA) tingkat Pratama yang diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan d

Penulis: Dwiky Maulana Vellayati | Editor: Darajat Arianto
Diskominfo Kabupaten Purwakarta
Bupati Purwakarta saat menerima penghargaan Kota Kabupaten Layak Anak Tahun 2021 Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia secara virtual di Aulan Janaka Kantor Pemkab Purwakarta, Kamis, (29/7/2021). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Purwakarta, Dwiky Maulana Vellayati

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Sosial Perlindungan Ibu dan Anak (Dinsos PA) mendapatkan penghargaan Kabupaten dan Kota Layak Anak (KLA) tingkat Pratama yang diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Dalam penghargaan kali ini langsung diterima oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, serta menjadi salah satu KLA dari 10 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat, yang di lakukan secara virtual di Aula Janaka Pemkab Purwakarta, Kamis, (29/7/2021).

"Alhamdulillah Kabupaten Purwakarta yang pertama kalinya hari ini Kabupaten Purwakarta dinobatkan menjadi Kabupaten kota Layak Anak dengan predikat Pratama," kata Anne.

Menurut Anne, terdapat 24 indikator penilaian dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sudah di evaluasi oleh terdapat Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"24 indikator adalah pemenuhan hak anak sudah di evaluasi ke Purwakarta oleh tim penilai dari Kementerian, seperti yang sudah dijabarkan yang paling utama dalam pemenuhan hak anak yaitu ada lima klaster," ujarnya.

Kata Anne, dalam penghargaan yang didapatkan Pemkab Purwakarta melalui Dinsos Purwakarta ini dari syarat lima klaster sudah dipenuhi seluruhnya, bahkan saat ini untuk Pemkab Purwakarta sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) layak anak.

"Pemenuhan hak anak yaitu ada lima klaster, Kabupaten Purwakarta sudah memenuhi lima klaster tersebut, yang pertama adalah proses kelembagaan Alhamdulillah Perda kita sudah ada Perda Kabupaten layak anak, ada pembentukan OPD dinas terkait yaitu Dinas Sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan ibu dan anak," ucap Anne.

"Yang kedua adalah pemenuhan hak sipil dan kebebasan, kita terus mendorong anak-anak Purwakarta harus mempunyai akte lahir, kartu tanda anak juga kita dorong, ketiga adalah kesehatan kesehatan dasar dan kesehatan dasar dan kesejahteraan ini yang paling penting, ada 10 Puskesmas yang sudah ditetapkan dan terakreditasi sebagai Puskesmas yang ramah anak, dan seluruh sekolah juga hampir semua sekolah di semua tingkatan sudah berkomitmen untuk menjadikan sekolah ramah anak," ujar Anne. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved