Breaking News:

Ekonomi Perdesaan Jadi Perhatian Khusus Pemkab Purwakarta di Tengah Pandemi

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan Pemkab berusaha membangkitkan sektor ekonomi mikro di Kabupaten Purwakarta.

Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika (kedua dari kanan), diajak foto bersama saat mendatangi PT Indorama, Senin (29/3/2012). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Purwakarta, Dwiky Maulana Vellayati

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Pemkab Purwakarta terus berupaya menangani pandemi Covid-19, terutama di sektor ekonomi.

Pelemahan ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19 satu di antaranya ditandai terjadinya PHK besar-besaran,  aktivitas industri terhenti dan aktivitas sektor perdagangan yang merosot tajam.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan Pemkab berusaha membangkitkan sektor ekonomi mikro di Kabupaten Purwakarta.

"Ekonomi di wilayah perdesaan harus menjadi perhatian khusus yang merupakan kekuatan ekonomi mikro, baik sektor pertanian, sektor peternakan, maupun UMKM," kataAnne Ratna Mustika, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya, ada peluang yang sangat luar biasa bagi lahirnya potensi-potensi ekonomi baru non-konvensional, terutama transaksi perdagangan melalui jejaring internet.

Baca juga: Ribuan Paket Bantuan Beras Dikirim Tentara ke Purwakarta untuk Warga Terdampak PPKM Level 4

"Aktivitas ekonomi dan industri bisa ditopang dengan bantuan tenaga mesin, berbagai aplikasi, dan berbagai produk artificial intelligence lainnya. Potensi lahirnya kreator dan enterpreneur dari kalangan milenial sangatlah terbuka lebar. Dalam hal ini, kita terus berupaya menangkap potensi pada peluang strategis tersebut," ujar dia.

Langkah tersebut, ucap Anne Ratna Mustika, sekaligus memantapkan kesiapan dari jajaran Pemkab Purwakarta dalam menghadapi Era Industri 4.0.

Ia mengatakan era tersebut ditandai dengan penerapan dari lima aspek teknologi yang menjadi kunci utama, yakni internet of things (IoT) atau mobilisasi data, (artificial intelligence/kecerdasan buatan), (human machine interface/pengoperasian mesin), teknologi robotic dan sensor, dan teknologi printing 3D.

"Era industri 4.0 merupakan isu yang sangat strategis yang harus siap dihadapi dan disukseskan. Terlebih lagi, isu itu sejalan dengan program strategis pemerintah yang di-endorse langsung oleh Pak Airlangga Hartarto sejak menjadi Menteri Perindustrian hingga saat ini mengembang amanah sebagai Menko Perekonomian," ucapnya.
 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved