Breaking News:

Diperiksa KPK Terkait Kasus Aa Umbara, Satu Agenda Hengky Kurniawan Diundur

Hengky diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus tindak pidana korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid pada Dinas Sosial KBB

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan saat ditemui di Padalarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Satu agenda Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan diundur karena dirinya diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor KPK, Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Hengky diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus tindak pidana korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2020 dengan tersangka Bupati Bandung Barat non aktif, Aa Umbara Sutisna (AUS).

Kabag Humas dan Protokol Pemda Bandung Barat, Agus Ganjar Hidayat, mengatakan, pada hari ini Hengky diagendakan menghadiri kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) secara zoom meeting di Pemda KBB.

"Namun karena ada agenda di Jakarta, akhirnya agenda tersebut diundur. Tadinya memang mau ada acara BSMSS secara virtual tapi diundur waktunya, sebab bapak (Plt Bupati) harus ke Jakarta," ujarnya saat dihubungi, Selasa (27/7/2021).

Namun, Agus tidak mengetahui jika hari ini Hengky diperiksa oleh KPK. Namun dia membenarkan jika Politisi PDIP ini agendanya sedang berada di Jakarta.

"Kalau soal pemeriksaan (KPK) saya tidak tahu dan tidak dapat informasi itu," kata Agus.

Ketua Gerakan Masyarakat Anti Korupsi (Gemak), KBB, Yana Suryana meminta agar KPK segera untuk menuntaskan persoalan ini dan jangan sampai semua dibuat terkatung-katung karena akan menimbulkan opini liar.

Baca juga: Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Diperiksa KPK, Buntut Kasus Korupsi Aa Umbara

Apalagi, kata dia, KPK sudah berulang kali melakulan pemeriksaan pejabat KBB dan pihak swasta di kompleks Pemda KBB dimana terakhir dilakukan akhir pekan lalu.

"Sebaiknya KPK segera menetapkan (ending) persoalan ini, baik dan buruknya seperti apa. Jangan seperti ini di-ganggayong, semua diperiksa, dan yang terbaru sekarang Plt Bupati Hengki Kurniawan yang diperiksa," kata Yana.

Diberitakan sebelumnya, Plt Jubir KPK, Ali Fikri membenarkan terkait pemeriksaan terhadap Hengky Kurniawan untuk mendalami kasus tindak pidana korupsi di lingkungan Pemkab Bandung Barat tersebut.

"Iya, benar. Hari ini (27/7) pemeriksaan TPK terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid 19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020 untuk saksi AUS," ujarnya kepada Tribun Jabar melalui pesan singkat.

Seperti diketahui, dalam kasus tindak pidana korupsi ini KPK juga telah menetapkan dua tersangka lainnya dari pihak swasta yakni Andri Wibawa dan M Totoh Gunawan.

Baca juga: WAWANCARA EKSKLUSIF Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan: Pemerintah Tak Bisa Sendirian

Dari hasil korupsi tersebut, Aa Umbara diduga telah menerima uang sekitar Rp 1 miliar. Sedangkan M Totoh diduga telah menerima keuntungan sekitar Rp 2 miliar dan Andri diduga menerima keuntungan sekitar Rp 2,7 miliar.

"Pemeriksaan (saksi) dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi Jalan Kuningan Persada Kavling 4 atas nama Hengky Kurniawan (Wakil Bupati Bandung Barat)," kata Ali.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved