Breaking News:

Biaya Umrah Membengkak 3 Kali Lipat, Rindu Baitullah, 20 Jamaah Indramayu Ini Sanggup Bayar

Biaya Umrah Dipastikan Membengkak 2-3 Kali Lipat, Tapi 20 Jamaah Asal Indramayu Ini Pilih Menyanggupi, Sebut Sudah Rindu Baitullah

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mega Nugraha
AFP
Pelaksanaan tawaf dalam ibadah haji tahun ini. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kebijakan karantina selama 14 hari di negara ketiga bagi jamaah haji asal Indonesia dipastikan bakal membuat biaya pemberangkatan ibadah umrah membengkak.

Selain itu, para jamaah pun harus disuntik vaksin Covid--19 booster dari Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson&Johnson (J&J), dan sejumlah regulasi lainnya yang menjadi persyaratan.

Hal tersebut dikarenakan Indonesia masuk dalam salah satu dari 9 negara yang dikecualikan untuk melakukan penerbangan langsung ke Arab Saudi.

Regulasi itu mulai berlaku pada 10 Agustus 2021 mendatang.

Baca juga: BREAKING NEWS, Arab Saudi Putuskan Jemaah Haji 2021 Sebanyak 60.000 Orang, Semua Menetap di Arab

Di sisi lain, diizinkannya kembali jamaah haji internasional untuk melaksanakan umrah oleh pemerintah Arab Saudi turut disambut baik oleh para pengusaha travel haji dan umrah asal Kabupaten Indramayu.

Direktur PT Raudhatul Mutaallimin Kepolo Darul Falah Tour & Travel Indramayu, Ahmad Munsit Abdulillah mengatakan, meski ada syarat ketat, dengan adanya regulasi ini dipastikan bakal mengakibatkan pembengkakan biaya umrah hingga 2 sampai 3 kali lipat dari biaya normal.

"Akomodasi bisa jadi mungkin dari harga normal Rp 30 juta bisa jadi membengkak menjadi Rp 60 juta atau Rp 50 juta semuanya bisa mungkin, kita juga tidak bisa memperkirakan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Selasa (27/7/2021).

Kendati demikian, disampaikan Ahmad Munsit Abdulillah, sebanyak 20 jamaah umrah di Kabupaten Indramayu yang mendaftar di travel miliknya mengaku siap dengan biaya yang membengkak tersebut.

Berapapun biayanya, para jamaah menyanggupi karena sudah sangat rindu bisa beribadah ke Baitullah. Kata dia, tidak sedikit jamaah yang memilih menunda keberangkatan mereka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved