Breaking News:

Nasib Para Pelatih Asing yang Sempat di Persib Bandung, Mengundurkan Diri hingga Dipecat

Selama berdiri, Persib Bandung tercatat sempat diarsiteki oleh pelatih asing. Nama-nama pelatih asing yang sempat melatih Persib Bandung

Penulis: Ferdyan Adhy Nugraha | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Selama berdiri, Persib Bandung tercatat sempat diarsiteki oleh pelatih asing. Nama-nama pelatih asing yang sempat melatih Persib Bandung dengan latar belakang mentereng dan segudang prestasi.

Namun, faktanya, dari semua pelatih asing yang sempat melatih Persib, tak satupun yang pernah membawa Persib juara Liga Indonesia.  Dengan fakta itu, tidak sedikit orang yang menyebut itu sebagai kutukan. 

Sudah 10 pelatih asing yang didatangkan manajemen Persib untuk meraih gelar juara. Mulai dari Marek Andrzej Sledzianowski, Juan Antonio Paez, Arcan Iurie Anatolievichi, Darko Janackovic, Jovo Cuckovic, Drago Mamic, Dejan Antonic, hingga Mario Gomez.

Semua pelatih itu mengalami nasib buruk. Entah itu dipecat atau mengundurkan diri karena tak kuat menahan tekanan publik.  Sehingga ketika Persib Bandung akan menggunakan jasa pelatih asing, bayang-bayang akan kegagalan sudah terasa bahkan sebelum kompetisi dimulai.

Baca juga: Robert Alberts Sarankan Pemain Persib yang Sering di Bangku Cadangan Keluar Zona Nyaman

Sebaliknya, Persib justru bisa berhasil meraih dua gelar juara Liga Indonesia di tangan pelatih lokal. Indra Thohir dan Djajang Nurdjman justru yang mempersembahkan gelar juara Liga Indonesia pada musim 1994/1995 dan 2014.

Saat ini, Persib dinahkodai oleh pelatih asing, Robert Rene Alberts. Dia datang ke Persib pada musim 2019 dengan CV mentereng. Menjadi juara Liga Indonesia pada musim 2009/2010 bersama Arema Indonesia dan membuat PSM Makassar menjadi kesebelasan yang kembali disegani dalam beberapa tahun terakhir.

Persib akhirnya berhasil mendapat tanda tangan Robert pada musim 2019. Kala itu, Robert menggantikan posisi Miljan Radovic yang diberhentikan satu pekan sebelum Liga 1 2019 dimulai.

Musim perdana Robert di Persib memang tidak berakhir cukup baik. Persib sempat terseok-seok di putaran pertama. Robert beralasan, pemain yang ada saat itu bukan keinginannya.

Setelah melalui putaran kedua di posisi 10, Robert melakukan perubahan di posisi pemain asing. Dianggap tidak optimal, Persib melepas Rene Mihelic, Artur Gevorkyan, dan Bojan Malisic.

Sebagai gantinya, Robert mendatangkan Omid Nazari, Kevin Van Kippersluis, dan Nick Kuipers. Ketiganya sukses membawa Persib finish di urutan ke enam.

Di Liga 1 2020, Robert Alberts benar-benar mendapat keleluasaan untuk merekrut pemain. Beberapa pemain penting pun didatangkan Robert untuk menjalankan starategi yang diinginkannya.

Alhasil, Persib berhasil meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan sebelum akhirnya Liga 1 2020 dihentikan karena alasam pandemi Covid-19. Prestasi fenomenal itu membuat Robert begitu yakin bisa melanjutkannya di Liga 1 2021.

Bahkan dalam satu kesempatan wawancara, Robert berani berjanji bahwa piala Liga 1 akan kembali ke Bandung. Bukan hanya itu, jika Piala Indonesia digelar, dia menjanjikan gelar juara.

"Kami membuat janji hari ini bahwa ketika liga berjalan kembali, hadiah terindahnya adalah memenangi liga. Mari kita lihat sejauh mana kami bisa melaju di turnamen yang akan dimulai dalam waktu dekat," ucapnya.

Jika Robert sukses mengunci gelar juara Liga 1 2021, maka bukan hanya janji yang berhasil ditepati. Namun kutukan pelatih asing tak bisa sukses di Persib pun akan terpatahkan.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved