Breaking News:

PPKM Darurat

Awalnya PPKM Level 3, KBB Kini Jadi Terapkan PPKM Level 4, Ini Penyebabnya

KBB saat ini masuk ke wilayah yang menerapkan PPKM Level 4, setelah sebelumnya hanya menerapkan PPKM Level 3.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Sekda Kabupaten Bandung Barat, Asep Sodikin. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini masuk ke wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, setelah sebelumnya hanya menerapkan PPKM Level 3.

Kebijakan dalam menerapkan PPKM Level 4 tersebut mulai berlaku sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat.

Sekretris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin, mengatakan, wilayahnya masuk PPKM Level 4 karena berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri poin dua, bahwa KBB harus menyesuaikan dengan wilayah aglomerasi Bandung Raya dan Jabodetabek.

"Jika mayoritas kota/kabupaten, dalam satu wilayah aglomerasi masih pada level 4, maka wilayah tersebut (KBB) tidak masuk level lain, tapi dimasukan ke Level 4," ujarnya saat ditemui di Kantor Pemkab Bandung Barat, Senin (26/7/2021).

Sementara jika mengacu pada kasus Covid-19 harian, kata Asep, jumlahnya memang naik turun, tetapi jika melihat secara kesuluruhan sejak PPKM diterapkan, jumlahnya sudah mengalami penurunan.

"Untuk kasus harian ada selisih 100 antara yang aktif sama yang sembuh. Selain itu BOR kita juga meningkat, berdasarkan hasil evaluasi gubernur per tanggal 25 Juli berada di angka 66 persen," kata Asep.

Ia mengatakan, untuk bed di RSUD Cililin untuk saat ini masih ada 12 yang kosong, RSUD Lembang 18, RSUD Cikalongwetan 12, RS Cahya Kawaluyaan 5, RS Karisma 3, dan RSJ Cisarua masih ada 61 bed yang kosong.

Baca juga: PPKM di Sumedang Level 4, Ini Aturan yang Wajib Diketahui Masyarakat, Bupati Dony Sebut Aturan PKL

Atas hal tersebut, kata Asep, penetapan PPKM Level 4 untuk wilayah KBB ini, intinya hanya mengacu dan menyesuaikan dengan wilayah aglomerasi Bandung Raya yang kebanyakan menerapkan PPKM Level 4.

"Jadi, tidak bisa wilayah KBB menerapkan PPKM Level 3, sedangkan daerah lainnya level 4 karena harus satu kesatuan di wilayah aglomerasi," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya akan mengikuti pemerintah pusat dalam menerapkan pelonggaran aturan selama PPKM Level 4 tersebut diterapkan hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

"Kita akan mengikuti aturan pusat, karena sudah ada aturan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya," kata Asep.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Kegiatan Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts; Saya Sangat Takut

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved