Breaking News:

11 Daerah di Jabar PPKM Level 3, Pasar Rakyat Buka Sampai jam 17.00 dan Bisa Resepsi Pernikahan

Daerah dengan status pandemi Covid-19 di PPKM Level 3 bisa menyelenggaran resepsi pernikahan dengan sejumlah syarat. Di Jabar, ada 11 daerah PPKM

Editor: Mega Nugraha
TRIBUN JABAR/THEOFILUS RICHARD
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, mengunjungi ITB, Bandung, Rabu (30/1/2019). 

TRIBUNJABAR.ID,JAKARTA- Presiden RI Joko Widodo mengumumkan bahwa PPKM Level 4 diperpanjang dari 26 Juli hingga 2 Agutus 2021.

PPKM Level 4 dimulai dari 20 Juli hingga 25 Juli sebagai kelanjutan dari PPKM darurat yang dimulai sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

"Dengan pertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021," kata Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: VIDEO-Presiden Joko Widodo Putuskan untuk Memperpanjang PPKM Level 4, Ini yang Perlu Diperhatikan

Di samping itu, pemerintah juga menerapkan PPKM Level 3 di 33 kabupaten dan kota di Jawa dan Bali. Jika aturan PPKM Level 4 lebih ketat, aturan PPKM Level 3 lebih longgar.

Salah satunya, daerah dengan status pandemi Covid-19 di PPKM Level 3 bisa menyelenggaran resepsi pernikahan dengan sejumlah syarat.

"Pelaksanaan resepsi pernikahan dapat diadakan dengan maksimal 20 undangan dan tidak makan ditempat dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat," kata Luhut dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu, (25/7/2021).

Untuk aturan usaha di daerah PPKM Level 3, industri dengan tujuan ekspor dan penunjangnya bisa beroperasi dengan pengaturan shift, yakni dengan kapasitas maksimal staf bekerja 50 persen.

"Sehingga, jika beroperasi dengan dua shift dalam 1 hari maka dapat mengoperasikan dan kapasitas maksimal 100 persen staf di fasilitas produksi dan pabrik," kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada daerah yang menerapkan PPKM level 3, pasar rakyat yang menjual barang kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen dan jam operasional sampai pukul 17.00 waktu setempat.

Selain itu, pedagang kaki lima toko kelontong, agen outlet voucher, barbershop, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, tempat cuci kendaraan dan lain-lain yang sejenis boleh beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved