Breaking News:

Warga Bandung yang Sedang Isolasi Mandiri Bisa Manfaatkan Layanan Telemedicine, Begini Caranya

Layanan telemedicine yang sebelumnya hanya berlaku di Jabodetabek, kini juga bisa dinikmati di daerah lain, termasuk Bandung.

Editor: Giri
dok.JEC
Ilustrasi layanan telemedicine - Layanan telemedicine yang sebelumnya hanya berlaku di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), kini juga bisa dinikmati warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di beberapa kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Layanan telemedicine yang sebelumnya hanya berlaku di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), kini juga bisa dinikmati warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di beberapa kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat.

Selain di Bogor dan Depok, layanan sudah bisa diakses warga di Kota Bandung dan Karawang.

Layanan ini juga sudah bisa dinikmati di beberapa kota besar lainnya seperti Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Denpasar.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg Widyawati, mengatakan, layanan telemedicine ini gratis dimulai dari proses pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium.

Ada 11 platform telemedicine yang bekerja sama dengan Kemenkes, Yaitu Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

"Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan," ucapnya, dikutip dari kemkes.go.id, Jumat (23/7/2021).

Jika hasilnya positif, laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR).

Selanjutnya pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 layanan telemedicine.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved