Breaking News:

Serba Serbi

VIDEO-TERNYATA, Hewan Eksotis di Benua Afrika Kuda Zebra Itu Hitam Bergaris Putih

Zebra merupakan salah satu hewan eksotis di benua Afrika dimana warna kulitnya selalu menjadi perdebatan, apakah warna kulitnya berwarna hitam...

Penulis: Dicky Fadiar Djuhud | Editor: Dicky Fadiar Djuhud

TRIBUNJABAR.ID - Zebra merupakan salah satu hewan eksotis di benua Afrika dimana warna kulitnya selalu menjadi perdebatan, apakah warna kulitnya berwarna hitam dengan belang putih, atau warna kulitnya sebenarnya berwarna putih berbelang hitam?

Sebenarnya Zebra merupakan hewan berkulit hitam berbelang putih.

Alasannya, dikutip dari akun instagram @artikelpedia kulit dasar Zebra berwarna hitam sehingga bulu-bulunya juga berwarna hitam. Sementara belangnya yang berwarna putih tersebut merupakan bagian kulit yang mengalami kekurangan pigmentasi.

Tidak seperti totol-totol yang terdapat di tubuh Macan Tutul, belang pada tubuh Zebra dapat berubah-ubah. Zebra yang berada di tempat bersuhu lebih hangat, akan memiliki banyak belang pada tubuhnya.

Uniknya setiap hewan Zebra memiliki belang yang tidak seragam alias memiliki belang yang khas secara individual.

Berdasarkan jurnal “Royal Society Open Science", fenomena tersebut menunjukkan bahwa salah satu alasan belang pada kulit Zebra bertujuan untuk menjaga suhu tubuh Zebra dari cuaca yang ada.

Selain itu ternyata belang tersebut juga berguna sebagai alat penyamaran untuk melindungi diri dari predator di luar sana dan sebagai tanda pengenal bagi sesama Zebra.

Ilusi optik akan tercipta akibat adanya belang hitam putih pada kulit hewan Zebra yang dapat menimbulkan kamuflase untuk menghindari serangan predator seperti singa afrika.

Belang hitam dan putih pada Zebra juga sangat berguna untuk menghadapi lalat yang merupakan salah satu musuh utama yang mengganggu kenyamanan Zebra.

Belang tersebut dapat menimbulkan pantulan cahaya yang terpolarisasi sehingga dapat menakuti lalat pengganggu. (*)

Video Production: Dicky Fadiar Djuhud

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved