Breaking News:

Sebulan Lalu Presiden Jokowi Instruksikan Berantas Pungli, Kini Pemalakan Sopir Truk Kembali Muncul

Aksi pungli kembali terulang di Jalan Raya Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (21/7/2021) Aksi tersebut direkam dan videonya tersebar di media sosial.

Editor: Seli Andina Miranti
ANGGI / KOMPAS TV
ILUSTRASI PUNGLI 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Aksi premanisme terhadap sopir truk sempat mendapat perhatian Presiden Joko Widodo sekitar satu bulan lalu.

Presiden Jokowi sempat mendapatkan laporan dari para sopir kontainer terkait pungli.

Pungli tersebut kerap terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (10/6/2021).

Saat itu, Jokowi tengah mengadakan kunjungan ke kawasan bisnis tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, di hadapan para pengemudi truk kontainer, Jokowi meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit menindak kriminalitas yang ada di kawasan Terminal Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitarnya.

"Pak Kapolri, selamat pagi. Ini saya di Tanjung Priok, ada keluhan, banyak keluhan dari para driver kontainer yang berkaitan dengan pungutan liar, pungli, di (Terminal) Fortune, di NPCT One, kemudian di Depo Dwipa, pertama itu," kata Jokowi.

"Yang kedua juga kalau pas macet, itu banyak driver-driver yang dipalak sama preman-preman. Ini tolong bisa diselesaikan, itu saja," tuturnya.

Sehari setelah instruksi Jokowi itu, polisi langsung mengumumkan penangkapan puluhan pelaku pungli di kawasan Tanjung Priok.

Baca juga: 3 Pegawai Disdik Bandung Jadi Tersangka Pungli ke Puluhan SD, Polisi Belum Menahan

Namun, pungli tak sepenuhnya hilang. Aksi ini kembali terulang di Jalan Raya Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (21/7/2021) Aksi tersebut direkam dan videonya tersebar di media sosial.

Dalam video tersebut, tampak seorang pria baju hitam naik ke truk mengambil sesuatu milik sopir. Saat itu suasana jalan sedang macet.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved