Breaking News:

E-KTP Indonesia Jadi "Kebanting", Ini Tiga Negara yang KTP-nya Canggih, Tak Perlu Foto Kopi

Kartu tanda penduduk (KTP) merupakan identitas kewarganegaraan seseorang. Di dalamnya ada berbagai informasi individu yang sangat penting.

Editor: Giri
istimewa
ILUSTRASI KTP-el - Kartu tanda penduduk (KTP) merupakan identitas kewarganegaraan seseorang. Di dalamnya ada berbagai informasi individu yang sangat penting. 

TRIBUNJABAR.ID - Kartu tanda penduduk (KTP) merupakan identitas kewarganegaraan seseorang. Di dalamnya ada berbagai informasi individu yang sangat penting.

Di Indonesia, penamaannya sudah KTP-el atau KTP elektronik.

Basisnya adalah elektronik alias ada chip yang tertanam dan bisa terbaca dengan alat tertentu.

Namun, banyak yang mempertanyakan cara kerja itu karena nyatanya, untuk mengurus hal tertentu, KTP-el harus difoto kopi dulu.

Di beberapa negara yang telah mengadopsi KTP elektronik sepenuhnya, warganya sudah tidak diribetkan lagi dengan berkas foto kopi saat berurusan dengan kantor pemerintah.

Ini contoh tiga negara dengan KTP elektronik yang canggih, menurut riset dari FySelf, perusahaan penyedia platform identitas digital, sehingga warganya tak direpotkan lagi dengan urusan fotokopi e-KTP.

Estonia

Negara yang terletak di Eropa utara ini memiliki KTP dengan sistem yang terbilang canggih.

Selain menjadi kartu identitas warga negara, nomor identitas yang tercantum pada KTP Estonia juga bisa dimanfaatkan untuk mengakses berbagai layanan publik pemerintah secara digital.

Adapun beberapa layanan yang dapat diakses hanya dengan nomor KTP Estonia, di antaranya adalah platform e-Governance untuk mengurus surat atau berkas penting, e-Tax (pajak), X-Road, i-Voting (pemungutan suara), Blockchain, Cryptocurrency, e-Health Record (fasilitas kesehatan publik), dan e-Residency.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved