Breaking News:

Oksigen Habis Sebabkan 3 Pasien Meninggal, Satgas Covid-19 Purwakarta Panggil Direktur RS Holistic

Pemkab Purwakarta memanggil direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Holistic pada hari ini, Jumat (23/7/2021).

Penulis: Dwiky Maulana Vellayati | Editor: Giri
Istimewa
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. Pemkab Purwakarta memanggil direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Holistic pada hari ini, Jumat (23/7/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Purwakarta, Dwiky Maulana Vellayati

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta memanggil direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Holistic pada hari ini, Jumat (23/7/2021).

Tujuannya untuk mengetahui pasti kejadian di saat stok oksigen di RS Holistik habis sehingga menyebabkan tiga pasien meninggal dunia.

Anne Ratna Mustika selaku Bupati Purwakarta yang juga menjabat Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Purwakarta mengatakan, direncanakan pada siang ini akan menggelar pertemuan dengan pihak RS Holistic bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta.

"Satgas hari ini memanggil direktur dari rumah sakit tersebut (RS Holistic) dan kami juga kemarin sudah menurunkan tim untuk mengecek langsung terkait ketersediaan oksigen yang sempat habis," kata Anne saat ditemui TribunJabar.id di Pendopo Pemkab Purwakarta, Jumat (23/7/2021).

Anne sebelumnya mendapat kabar 14 pasien meninggal akibat kehabisan oksigen yang terjadi di RS Holistic.

Namun jumlah itu merupakan data kumulatif dari pasien yang suspek atau pasien yang mengarah ke positif Covid-19, ditambah dengan pasien yang memang terdampak dari kehabisan oksigen.

"Jadi 14 yang meninggal itu bukan karena kekurangan oksigen. Kumulatif dari awal pandemi sampai sekarang ini di Rumah Sakit Holistic ini ada 14 yang meninggal," ujarnya.

Oleh karena itu, tujuan dari pemanggilan ini dilakukan untuk mengungkap penyebab pasti kematian 14 pasien tersebut.

Beredar kabar simpang siur terkait kematian pasien tersebut dan bukan sepenuhnya karena kehabisan oksigen.

Baca juga: Sedang Antre Oksigen, Pria di Pontianak Tiba-tiba Menangis: Terlambat, Ibu Saya Sudah Meninggal

Sementara itu, pihak satgas selama ini sudah intens berkomunikasi dengan seluruh rumah sakit untuk menanyakan perkembangan terkini di setiap rumah sakit itu.

"Ada 10 rumah sakit di Purwakarta. Kami selalu mengecek setiap hari ketersediaan oksigen. Posko yang sudah dibentuk melalui Dinas Kesehatan itu akan terus membantu dan memfasilitasi kebutuhan oksigen di setiap rumah sakit," ucap Anne Ratna. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved