Kabar Gembira buat Pasien Covid-19, Pasokan Oksigen ke RS Ini Berdatangan dari Pemkab dan Pemprov

Sebanyak 177 tabung oksigen ini didapatkan dari distributor serta bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Purwakarta

Dok RS Holistik
Suasana Ruang Penyimpanan Tabung Oksigen di RS Holistic Purwakarta di saat kehabisan stok oksigen Selasa, (20/7/2021). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Purwakarta, Dwiky Maulana Vellayati

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Rumah Sakit Umum (RSU) Holistic Kabupaten Purwakarta yang sempat mengalami kehabisan stok oksigen saat ini sudah mendapatkan bantuan pasokan oksigen sebanyak 177 tabung.

Menurut keterangan dari Humas RS Holistic, Saeful Bahri, sebanyak 177 tabung oksigen ini didapatkan dari distributor serta mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes).

"Stok oksigen kami malam ini ada 177 tabung, alhamdulilah ada kiriman dari distributor kami dan bantuan dari pemerintah melalui dinas kesehatan provinsi," kata Saeful melalui pesan singkat Whatsapp, Jumat, (23/7/2021).

Menurut Saeful, untuk sementara dengan adanya pasokan oksigen 177 tabung tersebut dinilai masih aman untuk satu hari dan pihak dari RS Holistic berharap distribusi dari oksigen kembali normal.

"Saat ini distribusi oksigen sudah kembali normal, tadi malam kami punya stok oksigen 177 tabung," ujarnya.

Baca juga: Satgas Oksigen Jabar Terus Bergerak Cepat Pasok Oksigen ke Rumah Sakit yang Kebutuhannya Mendesak

Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Satgas Penanganan Covid-19 kemudian bergerak cepat dengan melihat kondisi langsung dari RS Holistic yang juga merupakan salah satu Rumah Sakit Rujukan pasien Covid-19.

Satgas Bergerak Cepat

Pemkab Purwakarta melalui Satgas Penanganan Covid-19 mengecek dan menyelesaikan permasalahan dari Rumah Sakit Umum (RSU) Holistik yang sempat mengalami kehabisan stok oksigen.

Bupati Purwakarta sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Anne Ratna Mustika menyatakan, pihaknya sudah bergerak cepat dengan pihak dari satgas Covid yang langsung turun tangan mengecek RS Holistik yang berlokasi di Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta terhadap permasalahan dari stok oksigen yang diperuntukan bagi pasien terutama pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Suasana Ruang Penyimpanan Tabung Oksigen di RS Holistic Purwakarta di saat kehabisan stok oksigen Selasa, (20/7/2021).
Suasana Ruang Penyimpanan Tabung Oksigen di RS Holistic Purwakarta di saat kehabisan stok oksigen Selasa, (20/7/2021). (Dok RS Holistik)

"Hari ini tim sedang turun ke rumah sakit Holistik, karena sebetulnya rumah sakit Holistik sudah dibantu 16 tabung dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta kemudian dibantu juga provinsi secara langsung, kita akan cek kenapa bisa terjadi kekosongan," kata Anne saat meninjau langsung vaksinasi Covid-19 santri pesantren Al-Muhajirin, Kelurahan Ciseureuh, Kabupaten Purwakarta, Kamis, (22/7/2021).

Baca juga: Ciamis Masih Alami Krisis Oksigen untuk Pasien Rumah Sakit, hanya Bisa Penuhi 40 Persen Kebutuhan

Menurut Anne, pihaknya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta sudah mengirimkan bantuan tabung oksigen sebanyak 16 tabung.

Selain itu, Satgas juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah rumah sakit yang berada di Kabupaten Purwakarta agar tidak terjadi hal serupa terutama pengecekan akan dilakukan di rumah sakit rujukan Covid-19.

"Kami cek setiap hari, Alhamdulillah di rumah sakit lain masih pada posisi aman," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved