Breaking News:

PPKM Darurat

Ingat, PPKM Darurat di Jabar Masih Berlangsung Hinggaa 25 Juli, Baru Setelah Itu Ada Penyesuaian

Ridwan Kamil mengatakan PPKM Darurat di Jawa Barat masih berlaku hingga tanggal 25 Juli 2021.

Editor: taufik ismail
Tribunnews
Ilustrasi PPKM Darurat. Ingat PPKM Darurat di Jabar masih berlangsung hingga 25 Juli. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan saat ini Jawa Barat masih termasuk daerah yang menjalani PPKM Darurat.

Seperti diketahui PPKM Darurat diperpanjang oleh pemerintah pusat dan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Perpanjangan PPKM Darurat dilakukan hingga 25 Juli 2021.

Baru setelah itu akan ada pelonggaran PPKM disesuaikan dengan kondisi di daerah tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengatakan bahwa sampai 25 Juli 2021, PPKM Darurat di Jawa Barat masih berlaku seperti pada periode 3-20 Juli 2021.

Setelahnya, baru akan ada penyesuaian sesuai level.

"PPKM ini akan diperpanjang sampai hari Minggu. Memang dalam rapat dengan pemerintah pusat diputuskan mulai sekarang tidak pakai istilah yang multitafsir, ya, ketat, darurat, super darurat, atau apa, sehingga disepakati berdasarkan level, kondisi ilmiah level 1, 2, 3, 4, atau kalau dulu pakai warna," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (21/7/2021).

Ridwan Kamil memahami masyarakat juga sudah lelah dengan banyak istilah.

Tapi, katanya, inilah realitanya yang harus terus dijalani dengan berbagai perkembangannya.

"Memang ada level 3, perubahan tadi, tapi keputusan pemerintah pusat adalah walaupun ada sebagian yang level 3, sampai hari Minggu semua harus melakukan PPKM level 4," katanya.

Jadi, katanya, tidak semua di Jawa Barat ini kategorinya masuk level 4. Ada yang sudah membaik, tapi perintah dari pemerintah, daerah yang level 3 ikut dulu PPKM level 4 sampai Minggu (25/7/2021), setelah itu akan dilanjutkan secara proporsional. 

"Jadi nanti kalau ditanya warga, apa relaksasi itu akan proporsional. Yang level 4 diteruskan, itu tidak mudah, tapi yang level 3 dan 2 mudah-mudahan bisa, karena ini semua tidak bisa dipukul rata," katanya.

Berdasarkan data dari pemerintah pusat, Di Jawa Barat, daerah yang ada di level 3 adalah, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Subang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Garut, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung. 

Sedangkan, level 4 meliputi Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Banjar, Kota Bandung, dan Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Demo Protes PPKM Darurat di Bandung Saat Kasus Harian Covid-19 Sedang Tinggi, Hari Ini Ada 378 Kasus

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved