Breaking News:

GSBI Sukabumi Sebut Tidak Efektif Bantuan Subsidi Upah Rp 1 Juta untuk Buruh Terdampak PPKM

Menaker Ida Fauziyah mengungkapkan pemerintah tengah menyiapkan bantuan subsidi upah atau gaji kepada pekerja yang dirumahkan, di-PHK atau yang

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Cipta Permana
ILUSTRASI buruh 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan pemerintah tengah menyiapkan bantuan subsidi upah atau gaji kepada pekerja yang dirumahkan, di-PHK atau yang mengalami pengurangan jam kerja.

Ida mengatakan bantuan tersebut akan diberikan selama dua bulan dengan masing-masing bulan sebesar Rp 500 ribu. Nantinya bantuan tersebut akan diberikan sekaligus.

"Mekanisme penyaluran bantuan subsidi upah diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp 500 ribu per bulan, selama 2 bulan yang akan diberikan sekaligus. Artinya 1 kali pencairan dan pekerja akan menerima subsidi Rp 1 juta," ujar Ida, dalam konferensi pers tentang perpanjangan PPKM Darurat, Rabu (21/7/2021).

Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memberikan tanggapan rencana tersebut.

Ketua DPC GSBI Kabupaten Sukabumi, Dadeng Nazarudin menilai rencana tersebut tidak efektif.

"Soal rencana pemerintah memberikan bantuan itu nyaris tidak efektif kepada yang kehilangan pekerjaan karena sistem yang dibuat juga belum efektif," ujarnya via telepon, Kamis (22/7/2021).

Ia juga mempertanyakan pengawasan penyaluran subsidi upah tersebut agar anggaran yang dipakai benar-benar sampai kepada penerima yang berhak.

"Apakah benar seberapa banyak penerima manfaat itu, kalau memang benar itu anggaran sudah disiapkan itu pengawasan dari pemerintah, DPR dalam penyaluran anggaran itu juga harus benar-benar riil sehingga penerima bantuan itu adalah benar-benar kepada kawan-kawan buruh yang memang memiliki hak untuk menerima bantuan itu," ucap Dadeng. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved