Breaking News:

Bisa Jadi Peluang Usaha, Buku Tahunan Sekolah, Raup Omzet Rarusan Juta Dalam Setahun

Peluang untuk memulai bisnis sebagai yearbook organizer atau penyedia jasa pembuatan Buku Tahunan Sekolah (BTS)

Penulis: Shania Septiana | Editor: Siti Fatimah
Dokumen pribadi Bencrea Indonesia
Contoh buku tahunan saekolah 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Akhir tahun ajaran baru terlah berlalu, biasanya banyak angkatan di sekolah-sekolah membuat buku tahunan.  Buku tahunan ini dimaksudkan sebagai buku kenang-kenangan atas perjalanan selama mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

Buku Tahunan Sekolah tentu jadi barang wajib bagi siswa SD, SMP, dan SMA akhir tahun pelajaran sebagai desert pelengkap kelulusan. 

Melihat pasar seperti ini tentu jadi peluang untuk memulai bisnis sebagai yearbook organizer atau penyedia jasa pembuatan Buku Tahunan Sekolah (BTS).

Baca juga: Pemeran Lula di Sinetron Buku Harian Seorang Istri Ketagihan Syuting dibanding Jadi Atlet Senam

Satu dari banyaknya orang yang memanfaatkan peluang bisnis tersebut adalah Bani Sabiq, sejak tahun 2009 dia membuat bisnis vendor dalam proses pencetakan Buku Tahunan Sekolah.

Bermula dari hobi fotografi dan desain grafis, Bani memulai bisnis tersebut dengan mendasign sendiri konsep BTS yang dia ajukan ke klien.

"Beberapa tahun berselang, kemampuan desain grafis, layouting, dan foto semakin berkembang, saya mulai memberanikan diri untuk menerima client untuk layout, design dan printing. Baru di awal tahun 2017 saya mendirikan Bencrea Indonesia yang berkomitmen membantu anak-anak sekolah untuk mewujudkan buku tahunan sekolah yang mereka inginkan," ujarnya saat diwawancarai, Rabu (21/7/2021).

Bukan hanya berawal dari hobi, ketika Bani menyelesaikan studinya di tingkat SMA dia berkeinginan membuat sendiri BTS, sehingga timbul ide untuk membuat bisnis Buku Tahunan Sekolah.

Baca juga: Peluang Bisnis, Budidaya Madu Klanceng Tak Perlu Keahlian Khusus Pelihara Lebah, Untung Besar

"Dari perjalanan itu, BTS ini akhirnya saya konversi sebagai peluang bisnis, setelah saya cermati, prospeknya terbuka lebar, bukan tanpa sebab karna BTS ini sangat dibutuhkan oleh siswa setiap tahunnya," ujarnya.

Peminatnya pun semakin tahun semakin berkembang, yang awalnya kebanyakan untuk siswa-siswi SMP, SMA dan Mahasiswa, seiring dengan waktu, setingkat SD dan TK pun saat ini menjadi pangsa pasar baru dalam bisnis ini. 

Saat ini pasar bisnis BTS nya termasuk design layout, printing sudah mencapai 70% di Kota Bandung, 30% tersebar dari kota lainnya, seperti Bogor, Padang, Depok, Bali dan beberapa kota lainnya di Indonesia. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved